Liga Indonesia

Gabung Tokyo Verdy, Pratama Arhan Dapat Perlakuan Khusus dari Pemerintah Jepang

Jumat, 4 Maret 2022 18:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Bergabungnya Pratama Arhan ke klub Liga 2 Jepang, Tokyo Verdy membuat pemerintah Jepang turun tangan. Kedutaan besar Jepang di Indonesia turut membantu proses kepindahan eks PSIS Semarang tersebut.

Arhan diberikan izin khusus untuk masuk Jepang karena sejauh ini masih ada pembatasan warga asing. Nantinya, bek 20 tahun itu berangkat pekan depan karena urusan visa belum selesai. 

"Sekarang dalam proses, bisa (masuk) karena ada izin khusus juga dari kedutaan Jepang. Semua surat sudah masuk, mungkin enam sampai tujuh hari ke depan dia akan berangkat," kata Dusan Bogdanovic. 

"Karantina mungkin tiga hari, kalau ada perubahan kami akan follow up. Kami dibantu kedutaan Jepang," imbuhnya. 

Sementara itu, Direktur Informasi dan Kebudayaan Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang, Takahiro Wakabayashi menyanjung keberanian Pratama Arhan yang berkarier di Liga Jepang. 

Perwakilan pemerintah Jepang tersebut juga berharap Arhan bisa cepat beradaptasi karena banyak perbedaan budaya dan lainnya. Mereka siap membantu apa pun kebutuhan sang pemain nantinya. 

"Selamat buat Arhan, terima kasih ke PSIS Semarang dan PSSI karena tanpa dukungan mereka tak mungkin dapat ada pemain seperti ini," tutur Takahiro Wakabayashi. 

"Saya sangat terkesan dengan keberanian Arhan pindah ke luar negeri,  apalagi bahasa, budaya dan lainnya berbeda. Tapi saya yakin semua lihat Arhan itu sebagai kebanggaan masyarakat Indonesia dan dia bisa jadi kebanggaan masyarakat Jepang juga," lanjutnya.