In-depth

Oakley Cannonier, Mesin Gol Akademi Liverpool dan Mantan Bocah 'Ajaib' di Liga Champions

Jumat, 4 Maret 2022 17:29 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images
Ada peran bocah 'ajaib' di balik perjalanan Liverpool juara Liga Champions 2018-2019. Foto: Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images. Copyright: © Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images
Ada peran bocah 'ajaib' di balik perjalanan Liverpool juara Liga Champions 2018-2019. Foto: Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Pemain akademi Liverpool, Oakley Cannonier, punya cerita panjang terkait sepak terjangnya bersama klub Liga Inggris ini sedari muda.

Dari sekian wonderkid yang tumbuh dan berkembang di bawah didikan akademi Liverpool, Oakley Cannonier adalah salah satu pemain yang menandatangani kontrak profesionalnya pada bulan Juli 2021 lalu.

Namun belum lama ini, pemuda kelahiran Leeds tersebut mencetak prestasi yang cukup luar biasa di level U-18 hingga membuatnya layak menyandang predikat mesin gol Liverpool.

Ia menjadi bagian tim yang merebut tiket perempat UEFA Youth League. Bertanding melawan Genk, Oakley Cannonier tampil sebagai satu-satunya pencetak gol dalam laga yang berakhir imbang pada 2 Maret itu.

Alhasil, kedua tim harus sampai ke duel adu penalti yang pada akhirnya dimenangkan Liverpool 4-3. Dengan ini, mereka berhak melaju ke perempat final dan bakal berhadapan dengan Juventus pada 15 Maret.

Mencatatkan nama di papan skor saat melawan Genk, Oakley Cannonier pun sampai ke raihan 21 gol musim ini yang ia torehkan hanya dari 26 pertandingan! Tentu capaian yang sangat impresif bagi penyerang muda sepertinya.

Sebelum itu, pemain kelahiran 6 Mei 2004 ini juga tidak bisa berhenti mencetak angka, bahkan sejak musim 2021-2022 ini dimulai.

Bagaimana tidak? Ia sempat menorehkan 18 gol dari 14 pertandingan sebelum menambah panjang rekor tersebut sampai pekan ini di UEFA Youth League.

Jika terus-terusan on fire, bukan tidak mungkin ia bisa membawa tim muda Liverpool ke final UEFA Youth League dan meraih gelar pertama mereka.

Sejauh ini, Chelsea masih jadi klub tersukses dengan dua gelar dan empat final. Namun untuk sampai ke partai puncak di edisi 2021-2022 ini, Liverpool harus melewati hadangan Juventus dan juga musuh di semifinal.

Final UEFA Youth League 2021-2022 sendiri rencananya bakal digelar di Nyon pada bulan April ini, usai tahun lalu kompetisi ditiadakan karena pandemi Covid-19.