In-depth

9 Perubahan yang Terjadi Saat Terakhir Kali AC Milan Juara Liga Italia

Sabtu, 30 April 2022 13:13 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Alberto Lingria
Para pemain AC Milan berselebrasi setelah menang atas Lazio. Foto: REUTERS/Alberto Lingria Copyright: © REUTERS/Alberto Lingria
Para pemain AC Milan berselebrasi setelah menang atas Lazio. Foto: REUTERS/Alberto Lingria

INDOSPORT.COM - AC Milan berpeluang besar untuk menjadi juara Liga Italia musim ini. Terakhir kali mereka memenangkannnya pada musim 2011/2012 lalu. 

AC Milan diambang gelar Liga Italia musim ini setelah rival sekotanya, Inter Milan, meraih hasil buruk di pertandingan tunda pekan ke-20 melawan Bologna, Kamis (27/04/22) kemarin.

Itu merupakan pertandingan tabungan bagi Inter Milan untuk bisa menyalip perolehan poin AC Milan di tabel klasemen sementara Liga Italia.

Jika mampu meraih kemenangan, Inter Milan akan menggeser AC Milan di posisi puncak dengan keunggulan satu poin. Saat ini, AC Milan memimpin dengan 74 poin.

Sedang Inter Milan di urutan kedua dengan 72 poin. Jika menang, perolehan poin Inter Milan tak bisa dikejar dengan keunggulan satu angkat dalam empat laga sisa andai kedua tim mampu menyapu bersih kemenangan.

Inter Milan besutan Simone Inzaghi pulang dari Renato Dall'Ara dengan membawa kekalahan 1-2.

I Nerazzurri sejatinya bisa unggul cepat via gol Ivan Perisic ketika pertandingan baru berjalan tiga menit. 

Striker timnas Austria yang pernah berseragam Inter, Marko Arnautovic, membawa Bologna menyamakan skor pada menit ke-28 lewat sundulannya.

Kemudian Bologna meraih tiga poin berkat gol Nicola Sansone di menit-menit akhir babak kedua. Skor 2-1 berubah hingga akhir laga. Hasil itu membuat AC Milan berada di atas angin.

Mereka harus bisa mengendalikan performa tim untuk konsisten meraih kemenangan di laga sisa, seandainya tidak rela scudetto jatuh ke tangan rival sekotanya, Inter Milan musim ini.

Terakhir kali AC Milan meraih gelar scudetto Liga Italia adalah musim 2010/11. Pada saat itu mereka juara dengan keunggulan 6 poin dari pesaingnya Inter Milan.

AC Milan juara dengan koleksi 82 poin, dari 38 pertandingan. Sedangkan Inter Milan berada di posisi kedua dengan 76 poin. 

Sejak AC Milan juara Serie A di musim 2010/11, terakhir kali bukan Juventus yang mendominasi delapan tahun berturut-turut kemudian, sudah banyak hal yang berubah di dunia sepak bola, entah itu di Italia atau seluruh Eropa.