In-depth

Gagal Jadi Titisan Zidane, Ini Kabar Yoann Gourcuff yang Banting Stir Jadi Petenis

Rabu, 4 Mei 2022 06:50 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Vincent Poyer/Icon Sport via Getty Images
Yoann Gourcuff jadi pemain tenis usai menepi dari lapangan sepak bola. Foto: Vincent Poyer/Icon Sport via Getty Images. Copyright: © Vincent Poyer/Icon Sport via Getty Images
Yoann Gourcuff jadi pemain tenis usai menepi dari lapangan sepak bola. Foto: Vincent Poyer/Icon Sport via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Yoann Gourcuff, salah satu sosok yang pernah digadang-gadang sebagai titisan Zinedine Zidane, ternyata punya jalan karier yang cukup unik.

Bertahun-tahun lalu, mantan pemain Timnas Prancis tersebut sempat mencicipi kesuksesan bersama sejumlah klub top Eropa, termasuk AC Milan.

Ia adalah bagian skuat yang memenangkan Liga Champions 2006-2007 usai Rossoneri membalaskan dendamnya ke Liverpool di Athena, Yunani.

Pada tahun yang sama, Paolo Maldini dkk juga sukses menggondol trofi Piala Dunia Antarklub dengan mengalahkan Boca Juniors di partai final.

Namun Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub hanya dua dari sekian gelar yang berhasil digondol Yoann Gourcuff sepanjang kariernya.

Saat berseragam Bordeaux dan Olympique Lyon, ia juga sempat memenangkan Ligue 1 dan Coupe de France.

Di level timnas muda, sosok kelahiran Ploemeur ini pun cemerlang bersama Prancis, memenangkan kompetisi UEFA European Under-19 Championship pada tahun 2005.

Dari catatan-catatan tersebut, nampaknya tidak berlebihan apabila publik mengharapkannya sebagai penerus Zinedine Zidane.

Terlebih, sepak terjangnya bersama Timnas Prancis  juga cukup menjanjikan, yakni tampil di berbagai kelompok umur mulai dari U-17, U-18, U-19, dan U-21 kemudian mentas ke level senior.

Ya, Yoann Gourcuff memang cukup eksis untuk tampil membela negaranya. Namun dengan ekspektasi setinggi itu, publik akhirnya hanya bisa gigit jari karena sejatinya tidak ada titisan Zinedine Zidane dalam dirinya.