In-depth

4 Pelatih yang Paling Bayak Tampil di Final Liga Champions

Sabtu, 28 Mei 2022 14:00 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Javier Barbancho
Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti. Foto: REUTERS/Javier Barbancho Copyright: © REUTERS/Javier Barbancho
Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti. Foto: REUTERS/Javier Barbancho

INDOSPORT.COM - Berikut pelatih-pelatih yang sering tampil di final Liga Champions.

Dua tim akan saling sikut untuk menjadi yang terbaik di Eropa dalam laga final Liga Champions musim ini, Liverpool vs Real Madrid di Stadion Prac de Princes, Minggu (29/05/22) dinihari WIB.

Liverpool lolos ke final setelah mereka mampu mengalahkan lawan-lawannya di babak gugur mulai dari 16 besar hingga semifinal.

Di babak 16 besar Liga Champions, Liverpool mengalahkan Inter Milan dengan agregat 2-1. Di babak perempatfinal, The Reds mengalahkan wakil Portugal, Benfica dengan skor agregat 6-4.

Kemenangan besar itu mengantarkan Liverpool ke semifinal Liga Champions musim ini. Tim besutan Jurgen Klopp itu harus berhadapan dengan tim kuda hitam Villarreal.

Di leg pertama, Liverpool menang 2-0. Hasil itu sempat membuat mereka percaya diri lolos dengan mudah ke final.

Namun siapa sangka, di leg kedua Villarreal justru memberikan perlawanan yang sengit. 

Villarreal sempat menyamakan agregat menjadi 2-2, sebelum akhirnya Liverpool melibas mereka dengan kemenangan 3-2 di leg kedua. Agregat menjadi 5-2.

Liverpool berhak berlaga di partai puncak Liga Champions musim ini, berhadapan dengan Real Madrid.

Sementara itu perjalanan Real Madrid ke final Liga Champions bisa dibilang cukup terjal karean sejak babak 16 besar hingga semifinal, mereka selalu berhadapan dengan klub besar favorit juara.

Mereka mengawali perjuangan saat menghadapi PSG di 16 besar. Sempat tertinggal 1-0 di leg pertama, Real Madrid sukses membalikkan keadaan di leg kedua dengan kemenangan 3-1. Agregat menjadi 3-2.

Dengan segudang pemain bintang yang dimiliki PSG, Real Madrid sempat dicap banyak pihak sulit comeback di leg kedua, akan tetapi anggapan itu dipatahkan dengan sempurna.

Di perempatfinal, Real Madrid ditantang jawara bertahan Chelsea. Lagi-lagi pertandingan berlangsung dramatis, sebelum akhirnya El Real menang 5-4.

Di semifinal, Real Madrid menang atas Manchester City dengan agregat 6-5. Los Blancos pun melaju ke final Liga Champions.

Perjalanan Real Madrid dan Liverpool ke final Liga Champions, tidak lepas dari jeniusnya kedua pelatih mereka Carlo Ancelottu dan Jurgen Klopp.

Kedua nama di atas tentu sudah akrab dengan final Liga Champions. Namun apakah kedua yang paling sering tampil di laga pamungkas itu? berikut beberapa pelatih yang sering tampil di final Liga Champions.