In-depth

Hanno Behrens dan Kiprah Para Pemain Asal Jerman Terdahulu yang Merumput di Liga Indonesia

Selasa, 5 Juli 2022 17:18 WIB
Editor: Juni Adi
© Persija
Hanno Behrens gabung ke Persija Jakarta. Foto: Persija Copyright: © Persija
Hanno Behrens gabung ke Persija Jakarta. Foto: Persija

INDSOSPORT.COM Hanno Behrens bukanlah pemain asal Jerman pertama yang merumput di Liga Indonesia. Tercatat sudah ada dua pendahulunya. Siapa saja mereka?

Persija Jakarta kembali membuat gebrakan di bursa transfer Liga 1 musim ini. Di awali dengan merekrut pelatih top mantan juru taktik Borussia Dortmund, Thomas Doll, lalu mendatangkan sejumlah pemain ternama.

Total ada tiga pemain asing yang sudah direkrut Persija, dengan masing-masing mempunyai CV yang mentereng.

Ketiganya adalah Ondrej Kudela, Michael Krmencik dan terbaru ada pemain berposisi sebagai gelandang, Hanno Behrens. 

Ondrej Kudela diboyong Persija Jakarta dari klub papan atas Republik Ceko, Slavia Prague. 

Pemain berposisi sebagai bek itu dikontrak Macan Kemayoran selama tiga musim atau hingga Juni 2025. 

Usianya memang sudah tidak lagi muda sebagai seorang pesepakbola yakni 35 tahun, namun pengalamannya cukup berharga untuk membawa Persija bersaing di Liga 1 musim depan.

Ia kerap menjadi andalan di lini belakang klub yang dibelanya, termasuk untuk tampil di ajang Liga Europa.

Tak hanya di level klub, Ondrej Kudela juga masih menjadi andalan di lini belakang timnas Republik Ceko di level internasional.

Selanjutnya ada Michael Krmencik. Ia berposisi sebagai striker. Usianya yang matang yaitu 29 tahun diharapkan bisa jadi mesin gol Macan Kemayoran di Liga 1 musim depan.

Sama seperti Ondrej Kudela, Michael Krmencik juga sudah kenyang pengalaman di sepak bola Eropa karena sering jadi andalan di lini depan di berbagai kompetisi bergengsi Benua Biru, seperti Liga Europa dan Liga Konfederasi UEFA.

Di level timnas juga ia menjadi andalan dengan sudah memainkan 35 penampilan dan mencetak 9 gol untuk Republik Ceko di semua kompetisi internasional.

Terakhir ada Hanno Behrens. Persija mendatangkan Hanno Behrens dari klub Jerman, Hansa Rostock. Musim lalu ia mencatatkan 29 penampilan dan mencetak 5 gol serta 6 assist di kasta kedua Liga Jerman.

Statistik yang tidak terlalu buruk bagi pemain berusia 32 tahun. Tak heran jika pelatih Thomas Doll kepincut merekrutnya, untuk membantu Persija memenangkan gelar Liga 1 musim depan.

Hanno Behrens jadi pemain asing terakhir Persija yang didatangkan, karena kouta pemain import praktis sudah terpenuhi untuk non Asia.

“Akhirnya lini tengah kami kedatangan Hanno. Saya sudah beberapa kali meneleponnya untuk berbicara dengan mengenai kepindahannya dan dia sudah tidak sabar untuk datang ke sini,” kata Thomas Doll dalam rilis Persija Jakarta.

Kehadiran Hanno Behrens di Liga 1, membuat catatan sejarah baru yakni ia jadi pemain asal Jerman ketiga yang pernah merumput di Liga Indonesia. Siapa saja yang lainnya? berikut daftarnya.