In-depth

3 Pemain Gratisan Jurgen Klopp yang Tak Bersinar di Liverpool dan Nasibnya Kini

Jumat, 8 Juli 2022 15:32 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Shaun Botterill/Getty Images
Melihat nasib tiga pemain rekrutan Jurgen Klopp yang tak bersinar di Liverpool. Foto: Shaun Botterill/Getty Images. Copyright: © Shaun Botterill/Getty Images
Melihat nasib tiga pemain rekrutan Jurgen Klopp yang tak bersinar di Liverpool. Foto: Shaun Botterill/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Tidak terasa, bertahun-tahun sudah Jurgen Klopp mengabdi untuk klub Liga Inggris, Liverpool.

Mendarat ke Liverpool dari Borussia Dortmund pada tahun 2015, pelatih asal Jerman itu mewarisi skuat peninggalan Brendan Rodgers yang belum mampu menyegel gelar Liga Inggris sejak musim 1989-1990.

Ya, sudah bukan rahasia lagi bahwa trofi Liga Inggris adalah benda sakral yang telah lama diidamkan warga Liverpool selama bertahun-tahun.

Namun sayangnya sederet juru taktik yang mampir ke Liverpool seperti Graeme Souness, Roy Evans, Gerard Houllier, Rafael Benitez, dan Brendan Rodgers selalu gagal dalam misinya membawa tim ini juara.

Bahkan, Sir Kenny Dalglish yang kembali pada 2010-2011 dan 2011-2012 setelah membawa The Reds menjadi raja Inggris pada 1989-1990 juga tidak mampu berbuat banyak.

Magisnya yang dulu sama sekali tidak terulang. Malahan, di tangannya The Reds finis memprihatinkan di posisi 6 dan 8 klasemen akhir Liga Inggris.

Brendan Rodgers sempat melambungkan asa para suporter Liverpool untuk merasakan kembali gelar Liga Inggris pada musim 2013-2014 tapi berakhir pahit dengan status runner-up.

Akan tetapi, kehadiran Jurgen Klopp pada periode selanjutnya dan kesabaran manajemen Liverpool terhadap sang manajer kali ini berbuah manis.

Selama menangani Liverpool, Jurgen Klopp juga membawa banyak pemain brilian yang berkontribusi hebat dalam perburuan trofi-trofi bergengsi.

Sebut saja beberapa di antaranya Sadio Mane, Alisson Becker, dan masih banyak lagi.