Bola Internasional

Korban 'Main Mata' di Piala AFF U-19, Timnas Indonesia Senasib dengan Italia dan Aljazair

Senin, 11 Juli 2022 16:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Layaknya timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022, Aljazair dan Italia pun juga pernah diduga jadi korban sepak bola gajah di level yang lebih tinggi. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Layaknya timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022, Aljazair dan Italia pun juga pernah diduga jadi korban sepak bola gajah di level yang lebih tinggi.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia diduga baru saja menjadi korban praktik pengaturan skor usai mereka gagal lolos dari fase frup Piala AFF U-19 2022, namun mereka bukan yang pertama.

'Sepak bola gajah' punya sejarah yang sama panjangnya dengan olahraga itu sendiri dan sejumlah skandal sudah terjadi di berbagai belahan dunia dan level kompetisi. Aljazair dan Italia adalah dua negara yang pernah merasakan pahitnya merasa dicurangi.

Aljazair sempat membuat kejutan besar kala mereka beraksi di Piala Dunia 1982. Meteka sukses mengalahkan Jerman Barat yang saat itu berstatus juara EURO 1980 dengan skor 2-1 di laga pembuka babak grup.

Di laga kedua The Desert Warriors sempat terpeleset dan takluk 3-2 dari Austria namun kemudian bangkit di matchday ketiga dengan menggebuk Chile juga dengan skor 3-2.

Pada masa itu kemenangan dalam pertandingan masih berbuah 2 poin alih-alih 3 seperti sekarang dan Aljazair optimis bisa lolos ke fase grup selanjutnya.

Sayangnya Austria yang sama-sama punya 4 poin justru kalah 1-0 dari Jerman Barat sehingga membuat Der Panzer juga kini memiliki nilai 4.

Alhasil Aljazair batal melaju lebih jauh usai kalah dalam selisih gol dari Austria dan Jerman Barat.

Kecurigaan adanya pengaturan skor bisa dimaklumi mengingat laga Austria vs Jerman Barat digelar sehari setelah Aljazair mengalahkan Chile.

Publik Aljazair jelas kecewa namun karma rupanya membalas dendam mereka. Langkah Austria di Piala Dunia 1982 berhenti di fase grup kedua sementara Jerman kalah di final dari Italia 3-1.