In-depth

Ganti Formasi, Wajah Baru Liverpool setelah 'Kutukan' 7 Musim Jurgen Klopp?

Rabu, 5 Oktober 2022 17:16 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Phil Noble
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Phil Noble. Copyright: © REUTERS/Phil Noble
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Phil Noble.

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp melakukan gebrakan di pertandingan Liga Champions (Champions League) antara Liverpool vs Rangers, Rabu (05/10/22) dini hari WIB.

Setelah kalah dari Napoli dan memenangkan laga kontra Ajax, Liverpool berusaha bangkit di kancah Eropa musim ini dengan menekuk Rangers 2-0 semalam.

Dua gol masing-masing dari Trent Alexander-Arnold dan Mohamed Salah pun sudah cukup untuk membungkam wakil Skotlandia tersebut pada matchday ketiga ini.

Berkat hasil ini, The Reds pun bertengger di peringkat dua klasemen Grup A dengan 6 poin, sedangkan Rangers sang juru kunci terpuruk tanpa raihan poin.

Keberhasilan Liverpool ini tentu sebuah sinyal baik bagi Jurgen Klopp, mengingat ia memakai formasi 4-2-3-1 alih-alih 4-3-3.

Pelatih asal Jerman tersebut memakai empat pemain untuk menyerang: Luis Diaz, Mohamed Salah, Darwin Nunez, dan Diogo Jota.

Cukup tidak biasa memang, melihat Jurgen Klopp di pertandingan Liga Champions semalam memilih memasang dua gelandang saja.

Meski begitu, perubahan ini membuat permainan Liverpool lebih agresif meski tembok perlindungan untuk empat bek mereka sedikit menipis.

Lini pertahanan adalah satu-satunya area di mana Jurgen Klopp tidak melakukan utak-atik pemain. Ia memakai empat bek yang kecolongan tiga gol saat melawan Brighton di Liga Inggris tempo hari.

Pertandingan Liverpool vs Rangers di Liga Champions (Champions League) pun jadi momen tepat bagi Jurgen Klopp untuk mengubah sistem yang selama ini membuat mereka terseok-seok di awal musim.