Liga Champions

Rio Ferdinand Anggap Kartu Merah Tomori di Laga AC Milan vs Chelsea Sudah Tepat, Apa Alasannya?

Rabu, 12 Oktober 2022 15:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Daniele Mascolo
Kartu merah Fikayo Tomori pada pertandingan Liga Champions antara AC Milan vs Chelsea menulai kontroversi, tetapi Rio Ferdinan menganggap sudah tepat.  Foto: REUTERS/Daniele Mascolo. Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
Kartu merah Fikayo Tomori pada pertandingan Liga Champions antara AC Milan vs Chelsea menulai kontroversi, tetapi Rio Ferdinan menganggap sudah tepat. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo.

INDOSPORT.COM – Kartu merah yang diterima Fikayo Tomori pada pertandingan Liga Champions antara AC Milan vs Chelsea menulai kontroversi, tetapi Rio Ferdinand menganggap sudah tepat. Apa alasannya?

Bertanding di San Siro, Rabu (12/10/22) dinihari WIB, AC Milan kembali dihajar Chelsea dengan skor telak 2-0 lewat dua gol Pierre-Emerick Aubameyang dan Jorginho.

Pada pertemuan pertama di Stamford Brigde, pasukan Stefano Pioli juga kalah dengan skor 3-0 lewat gol Wesley Fofana, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Reece James.

Ada satu insiden kontroversial di laga tersebut, yakni saat wasit Daniel Siebert mengeluarkan kartu merah untuk Fikayo Tomori karena diangap melanggar pemain Chelsea, Mason Mount.

Kartu merah yang diterima Tomori tersebut jadi sorotan lantaran jadi awal mula petaka bagi Rossoneri dan awal kemenangan Chelsea di Liga Champions, Rabu (12/10/22) dini hari WIB.

Bukan hanya itu, kartu merah ini dipertanyakan berbagai pihak karena tayangan replay yang viral di jagat maya menunjukkan Tomori hanya menarik bahu Mount tanpa menjatuhkan lawan.

Gerakan dan respons itu pun dianggap cukup wajar di mata sebagian besar warganet dan para penikmat sepak bola, mengingat kedua pemain memang sedang berebut bola dalam pertandingan.

Akan tetapi, Rio Ferdinand, menganggap Tomori jelas-jelas melakukan foul terhadap Mount sehingga layak mendapatkan kartu merah.

Legenda Manchester United juga menegaskan bahwa dalam aturan sudah jelas apa yang dilakukan Tomori adalah pelanggaran meski Mount yang dijaga terjatuh bukan karena aksi

“Sebagai bek muda, kalian pasti bertanya-tanya kenapa Tomori membiarkan dirinya masuk ke situasi itu (kartu merah),” kata Ferdinand kepada BT Sports.