Liga Indonesia

Bantai Tim Liga 3 di Uji Coba, Pelatih Dewa United Beri Komentar Mengejutkan

Jumat, 21 Oktober 2022 21:27 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Dewa United
Pelatih Dewa United, Nilmaizar dan pemain, Feby Eka jelang lawan RANS Nusantara FC. Foto: Dewa United Copyright: © Dewa United
Pelatih Dewa United, Nilmaizar dan pemain, Feby Eka jelang lawan RANS Nusantara FC. Foto: Dewa United

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Dewa United menang telak dengan skor 5-2 atas klub Liga 3, Persipan Pandeglang di laga uji coba, Jumat (21/10/22) di Stadion Indomilk Arena, Tangerang. Laga digelar untuk menjaga kondisi fisik dan sentuhan para pemain. 

Dalam laga yang berlangsung 3x40 menit, pelatih Dewa United, Nilmaizar menurunkan seluruh pemain, baik lokal maupun asing. Mereka dimainkan seara bergantian.

Lima gol Dewa United diciptakan Rangga Muslim (dua gol), Risto Mitrevksi dan Rishadi Fauzi (dua gol).

Nilmaizar mengatakan kemenangan di laga uji coba hari ini tidak terlalu penting. Fokus utamanya adalah menjaga kebugaran dan sentuhan pemain dengan bola.

Pasalnya, tim sudah 20 hari tidak menjalani pertandingan kompetitif. Terakhir, Dewa United bersua RANS Nusantara FC pada 1 Oktober lalu.

“Intinya kondisioning dan yang kedua untuk feeling, jadi touch ball kita kembalikan lagi setelah laga terakhir tanggal 1 itu lawan RANS. Setelah itu tak ada lagi pertandingan, jadi 20 hari pemain gak bertanding, jadi kita coba untuk jaga touchnya,” ujar Nilmaizar.

“Kita tak lihat hasilnya hari ini, tapi lihat bagaiman touch mereka,” imbuhnya.

Setelah lawan Persipan Pandeglang, Dewa United menjadwalkan uji coba berikutnya. Lawan selanjutnya yang diincar adalah klub Liga 2, supaya ada peningkatan level permainan.

“Masih ada uji coba lagi, tapi kita lihat levelnya akan kita tingkatkan mungkin klub Liga 2,” jelas Nil.

Pelatih asal Sumatera Barat itu juga semringah dengan perkembangan pemain. Meski tanpa pertandingan kompetitif, kemampuan Feby Eka dkk tidak menurun drastis.

Nilmaizar tinggal membenahi kualitas individu pemain, seperti passing, positioning dan marking. Untuk itu, dia berikan pekerjaan rumah bagi anak asuhnya.

“Sudah ada perkembangan taktikal juga, tapi yang harus dibenahi mungkin kualiti karena itu akan menunjang pemain secara individu seperti passing, pergerakan, support, devensif marking dan lainnya,” tuntas pelatih 52 tahun itu.

Dewa United tidak meliburkan pemain selama vakumnya Liga 1 2022 karena Nilmaizar melihat ada banyak evaluasi yang harus dilakukan berdasarkan hasil dari 11 laga. Karena itu dia hanya meliburkan para pemain pada akhir pekan atau Sabtu dan Minggu.

Dari 11 laga, Dewa United hanya kumpulkan 12 poin dengan catatan kebobolan 20 gol, serta hanya 11 kali mencetak gol ke gawang lawan. Itu merupakan catatan yang kurang memuaskan bagi Nilmaizar.

Dari 11 laga Liga 1 2022, Dewa United baru catatkan tiga kemenangan. Tim promosi itu telan lima kekalahan dan raih tiga kali hasil imbang serta tempati peringkat ke-12 klasemen sementara.