Liga Indonesia

Dewa United Akui Mental Pemain Terganggu Akibat Liga 1 Dihentikan

Jumat, 21 Oktober 2022 17:11 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Dewa United tetap menggelar latihan meski Liga 1 ditunda hingga November. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Dewa United tetap menggelar latihan meski Liga 1 ditunda hingga November.

INDOSPORT.COM - Pelatih Dewa United, Nilmaizar tak menampik jika mental para pemainnya sedikit terganggu karena vakumnya Liga 1 2022/2023. Tapi, itu bukan masalah besar karena masih bisa diatasi.

Seperti diketahui, kompetisi Liga 1 dihentikan sementara pasca kejadian di Stadion Kanjuruhan, Malang yang menelan sebanyak 134 korban jiwa.

Maka dari itu, kompetisi Liga 1 baru akan dilanjut akhir November nanti, sesuai kesepakatan FIFA, AFC, PSSI dan pemerintah.

Tidak adanya kompetisi membuat beberapa klub meliburkan pemain. Tapi, hal itu tak berlaku bagi Dewa United yang terus berlatih sejak laga terakhir pada 1 Oktober lalu.

Meski terus bersama, pelatih Dewa United, Nilmaizar mengatakan kondisi itu tidak ideal bagi pemain. Mereka hanya berlatih tanpa tau kapan kepastian Liga 1 2022/2023 dilanjut, sehingga mengganggu fokus dan konsentrasi pemain.

“Itu mental memang betul, tapi pemain sudah tau situasi begini,” kata Nilmaizar.

Sebagai pelatih, Nil berharap ada kepastian kapan kick-off lanjutan Liga 1. Itu akan membantu dia menyiapkan program latihan, supaya pemain tetap dalam kondisi top perform.

Jika tanpa kepastian, pelatih pun akan sulit menjaga ritme tim karena pemain hanya bisa berlatih tanpa bertanding. 

“Yang pasti kami sebagai pelatih tentu mau tau kick-off lagi tanggal berapa. Tapi kan manajemen juga tunggu dari federasi, federasi juga tunggu dari pemerintah,” ujar Nil.

“Kalau harapan saya, kita tunggu apa yang harus dilakukan, kita memang inginnya dilanjut kompetisi ini,” imbuhnya.