Piala Dunia 2022

4 Negara yang Menyamai Keajaiban Maroko Lolos Semifinal Piala Dunia 2022

Kamis, 15 Desember 2022 18:30 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Carl Recine
Hakim Ziyech dengan rekan setimnya terlihat sedih usai Maroko tersingkir dari Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Carl Recine) Copyright: © REUTERS/Carl Recine
Hakim Ziyech dengan rekan setimnya terlihat sedih usai Maroko tersingkir dari Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

INDOSPORT.COM – Setidaknya ada empat negara yang membuat kejutan dengan menembus semifinal Piala Dunia dan menyamai keajaiban Maroko di edisi 2022 ini.

Maroko menjadi pusat perhatian di ajang Piala Dunia 2022 kali ini, setelah berhasil menembus babak empat besar atau semifinal.

Keberhasilan tim berjuluk Singa Atlas ini sayangnya tak dapat diteruskan hingga babak final, setelah tumbang dari Prancis di babak semifinal, Kamis (15/12/22).

Kekalahan ini pun mengakhiri mimpi indah Maroko yang mampu membenamkan tim-tim besar dalam perjalanannya ke semifinal.

Di Piala Dunia 2022 ini, Maroko mampu membuat kejutan dari fase grup dengan lolos sebagai juara grup F di atas Kroasia dan Belgia.

Lalu di babak 16 besar, wakil Afrika itu menumbangkan Spanyol lewat drama adu penalti dan berlanjut mengalahkan Portugal di perempatfinal dengan skor tipis 1-0 serta lolos ke semifinal.

Pencapaian Maroko hingga semifinal Piala Dunia 2022 ini seakan mengulangi torehan negara-negara kejutan lainnya yang lebih dulu mencapai babak ini.

INDOSPORT pun mencoba merangkum lima negara yang mampu membuat kejutan dengan menembus semifinal Piala Dunia.

1. Bulgaria (Piala Dunia 1984)

Negara pertama yang berhasil menjadi ekjutan dan lolos ke babak semifinal Piala Dunia adalah Timnas Bulgaria pada edisi 1994.

Di Piala Dunia 1994 yang berlangsung di Amerika Serikat itu, Bulgaria pertama kali membuat kejutan dengan melampaui Argentina setelah finis runner up grup D di belakang Nigeria.

Di babak gugur, Bulgaria melanjutkan kejutannya dengan mengalahkan Meksiko lewat adu penalti di 16 besar, mengalahkan Jerman 1-0 di perempatfinal, sebelum tumbang 1-2 dari Italia di semifinal.

2. Kroasia (Piala Dunia 1998)

Sebelum menciptakan kejutan melangkah ke final Piala Dunia 2018, Timnas Kroasia lebih dulu membuat kejutan di edisi 1998.

Di Piala Dunia perdananya itu, Kroasia membuat kejutannya dengan lolos fase grup bersama Argentina, dan melaju ke babak gugur.

Di fase gugur, Kroasia membuat kejutan dengan menang 1-0 atas Rumania di 16 besar, menang 3-0 atas Jerman di perempatfinal, dan kemudian tumbang 1-2 dari Prancis di semifinal, dan menempati peringkat ketiga di Piala Dunia 1998.

3. Turki (Piala Dunia 2002)

Di Piala Dunia 2002 yang digelar di Asia pertama kalinya, kejutan datang dari Turki yang berhasil mencapai babak semifinal.

Turki berhasil lolos dari fase grup bersama Brasil dengan status sebagai runner up. Kemudian di fase gugur, kejutan diberikan oleh The Crescent-Stars.

Di fase gugur, Turki mampu mengalahkan Jepang dengan skor 1-0 di 16 besar, mengalahkan Senegal 1-0 di perempatfinal, sebelum tumbang dari Brasil dengan skor 0-1 dan berakhir menempati peringkat ketiga Piala Dunia 2002.

4. Korea Selatan (Piala Dunia 2002)

Turki bukan satu-satunya tim kejutan di Piala Dunia 2002. Masih ada tuan rumah Korea Selatan yang juga membuat kejutan hingga lolos ke semifinal.

Korea Selatan selaku tuan rumah berhasil membuat kejutan dengan finis sebagai juara grup D di atas Amerika Serikat, Portugal, dan Polandia.

Lalu di fase gugur, Taeguk Warriors bisa mengalahkan Italia di 16 besar dengan skor 2-1, mengalahkan Spanyol di perempatfinal lewat adu penalti, sebelum tumbang dari Jerman dengan skor 0-1 di semifinal Piala Dunia 2002.

Artikel ini disponsori oleh KACANG DUA KELINCI, teman nonton bola.