In-depth

Argentina vs Prancis: Menengok Lagi Momen Les Bleus di 3 Final Piala Dunia Sebelumnya

Minggu, 18 Desember 2022 11:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© FIFA
Legenda Prancis, Zinedine Zidane, mencetak gol ke gawang Brasil dalam pertandingan final Piala Dunia, 12 Juli 1998. Copyright: © FIFA
Legenda Prancis, Zinedine Zidane, mencetak gol ke gawang Brasil dalam pertandingan final Piala Dunia, 12 Juli 1998.

INDOSPORT.COM – Sebelum menghadapi Argentina pada final Piala Dunia 2022, Minggu (18/12/22), Prancis tiga kali melakoni final turnamen empat tahunan yang diwarnai dengan berbagai drama.

Prancis memastikan lolos ke babak final Piala Dunia Qatar dan akan bertemu Argentina setelah menumbangkan tim kuda hitam Maroko dengan skor 2-0 di babak sebelumnya.

Sebelumnya, Argentina lebih dulu memastikan diri melaju ke partai final Piala Dunia 2022. Tim berjulukan Albiceleste lolos ke partai puncak usai menaklukkan Kroasia dengan skor telak 3-0.

Bagi skuad asuhan Didier Deschamps, ini merupakan final ketiga Piala Dunia yang mereka capai di Piala Dunia sejak 1998, dan kedua beruntun setelah keluar sebagai jawara di Rusia pada 2018.

Jika Kylian Mbappe dan kawan-kawan bisa memenangkan final edisi Qatar ini, Les Bleus bakal menyamai pencapaian Italia pada tahun 1934 dan 1938 dan Brasil pada tahun 1958 dan 1962.

Untuk menengok kembali momen tiga final Piala Dunia yang pernah dijalani Prancis, INDOSPORT merangkum momen-momen penting yang terjadi di ketiga final tersebut:

1998: Menang 3-0 vs Brasil

Zinedine Zidane memelopori keberhasilan Prancis menembus babak final di kandang sendiri pada 1998. Bisa dibilang, ini merupakan salah satu partai final paling ikonik dalam sejarah turnamen.

Di babak final, Zinedine Zidane dipertemukan dengan pemain superstar lain pada generasinya, yakni Ronaldo Nazario da Lima dari Brasil.

Drama pertandingan ini sendiri sudah dimulai sejak sebelum kickoff dimulai, dengan Ronaldo awalnya tidak dimasukkan dalam daftar skuad Brasil.

Ronaldo kabarnya sempat mengalami kejang-kejang di hotel malam sebelum pertandingan Prancis vs Brasil. Dinyatakan sembuh, Brasil memutuskan tidak memasukkan Ronaldo dan menggantinya dengan Edmundo.

Namun Ronaldo tiba-tiba saja muncul di stadion untuk menjalano pemanasan. Dia kemudian bermain meski gagal mengantarkan Brasil memenangkan laga tersebut.

Sebaliknya, Zinedine Zidane menjadikan final Piala Dunia 2022 sebagai panggungnya sendiri. Dia mencetak dua gol semuanya lewat sundulan untuk memimpin Les Bleus unggul di babak pertama.

Emmanuel Petit kemudian mencetak gol untuk menutup skor menjadi 3-0 dan mempersembahkan gelar Piala Dunia pertama bagi negara itu.