In-depth

3 Faedah AC Milan Ciptakan Reserve Team di Liga Italia: Bagus untuk Pemain Muda

Minggu, 25 Desember 2022 21:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Antonio Bronic
Apa jadinya jika AC Milan memiliki tim B alias reserve team di Liga Italia? Foto: REUTERS/Antonio Bronic. Copyright: © REUTERS/Antonio Bronic
Apa jadinya jika AC Milan memiliki tim B alias reserve team di Liga Italia? Foto: REUTERS/Antonio Bronic.

INDOSPORT.COM - AC Milan termasuk salah satu penghuni Liga Italia yang tidak memiliki tim B alias reserve team.

Meski begitu, dalam hal ini mereka bukan kelompok minoritas lantaran klub-klub lainnya pun memilih keputusan yang sama.

Sejauh ini, hanya Juventus yang memiliki reserve team di Liga Italia. Tim tersebut bermain di Serie C dan diberi nama Next Gen.

Juventus Next Gen memusatkan markas mereka di Stadion Giuseppe Moccagatta yang berlokasi di Alessandria - sekitar 100 km dari Turin.

Walau reserve team masih sangat jarang, wacana untuk menghidupkan jenis tim ini di kubu kontestan Serie A sejatinya sudah begulir sejak lama.

Bahkan pada 2013 silam, sempat muncul wacana menciptakan reserve team yang bisa bermain di Lega Pro - notabene lebih rendah dari Serie A.

Hanya saja, ide tersebut belum kunjung terealisasi dan baru Juventus yang saat ini eksis dengan tim B mereka di Serie C.

Lantas, apa saja kira-kira keuntungan AC Milan jika mengikuti jejak Juventus yang menciptakan skuad Next Gen?

Melebarkan Sayap

Berkaca pada sepak terjang Juventus Next Gen yang saat ini berkompetisi di Serie C Liga Italia 2022-2023, AC Milan juga bisa melebarkan sayap dan mencatatkan nama besar di level Lega Pro.

Di Serie C saat ini, Juventus Next Gen berada di Grup A dan bersaing dengan sejumlah klub yang bisa dibilang sedikit antah-berantah seperti Pergolettese, Triestina, Sangiuliano, dll.