In-depth

Kesetiaan Pele untuk Santos FC, Godaan Manchester United dan Real Madrid pun Mental

Jumat, 30 Desember 2022 15:33 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Action Images via Reuters/File Photo
Pele saat masih bermain untuk Santos. Foto: Action Images via Reuters/File Photo. Copyright: © Action Images via Reuters/File Photo
Pele saat masih bermain untuk Santos. Foto: Action Images via Reuters/File Photo.

INDOSPORT.COM - Legenda sepak bola Brasil, Edson Arantes do Nascimento atau yang akrab disapa Pele, memiliki kesetiaan yang luar biasa terhadap mantan klubnya, Santos FC.

Lahir dan besar di Negeri Samba, Pele menghabiskan sebagian besar kariernya untuk mengabdi di Santos FC sebelum merantau ke New York Cosmos.

Pele tumbuh di lingkungan miskin Sao Paulo dan sempat bekerja sebagai pelayan di sebuah kedai teh. Semangatnya bermain sepak bola tidak pernah pudar meski untuk membeli sepatu saja sulit.

Putra Joao Ramos do Nascimento alias Dondinho itu pun pada akhirnya harus ikhlas bermain tanpa alas kaki yang layak.

Di tengah keterbatasan-keterbatasan yang ada, Pele pun menapaki karier sepak bolanya sedikit demi sedikit, dengan bermain di beberapa klub amatir di Brasil.

Adalah Waldemar de Brito, sosok yang sangat berjasa membawa Pele ke Santos FC, di mana ia sukses memukau petinggi klub dan para pelatih dalam sesi trial.

Ia pun mendapat kontrak profesional pada tahun 1956, dan mulai menancapkan namanya sebagai salah satu pemain muda berbakat di Liga Brasil.

Santos FC merupakan tempat yang spesial di hati Pele. Di klub inilah ia melalui banyak hal hebat, mulai dari popularitas hingga raihan trofi yang seabrek.

Bagaimana tidak? Bersama Santos FC, Pele menggondol enam gelar Liga Brasil Serie A, kemudian dua Copa Libertadores, dua Piala Interkontinental, dan masih banyak lagi.

Namun koneksi Pele dan Santos FC lebih dari sekadar trofi dan gelar. Secara sentimental, nampaknya sulit bagi legenda Timnas Brasil ini untuk meninggalkan klub yang telah membesarkan namanya.