Liga Inggris

Jadi Pawang Arsenal, Klub Liga Inggris Harus Banyak Belajar dari Everton

Minggu, 5 Februari 2023 15:15 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Indra Citra Sena
© REUTERS/Carl Recine
Di bawah pelatih baru, Sean Dyche, Everton menjelma menjadi tim dengan pressing tinggi dan sukses memberikan kekalahan kepada Arsenal di Goodison Park. Copyright: © REUTERS/Carl Recine
Di bawah pelatih baru, Sean Dyche, Everton menjelma menjadi tim dengan pressing tinggi dan sukses memberikan kekalahan kepada Arsenal di Goodison Park.

INDOSPORT.COM – Di bawah pelatih baru, Sean Dyche, Everton menjelma menjadi tim dengan pressing tinggi dan sukses memberikan kekalahan kepada Arsenal di Goodison Park.

Pada pertandingan pekan ke-22 Liga Inggris (Premier League) 2022-2023, Everton secara mengejutkan mampu mengamankan kemenangan atas Arsenal lewat gol tunggal James Tarkowski (60’).

Meskipun masih berada di zona merah, The Toffees telah mendapatkan angin segar karena Sean Dyche berhasil memperbaiki performa tim di laga perdananya sebagai pelatih baru.

The Toffees kini berada di peringkat ke-18 klasemen dengan total 18 poin karena tertinggal selisih lima gol dari Leeds yang berada di posisi ke-17.

Dengan modal apik berkat mengalahkan Arsenal, Sean Dyche memiliki peluang untuk membantu Everton mencapai performa terbaiknya sejak ditinggalkan Frank Lampard.

Tugas berat ini menjadi tantangan tersendiri bagi Sean Dyche, pasalnya The Toffees sebelumnya telah mengalami 11 kekalahan dan 6 hasil imbang serta hanya mampu mengamankan 3 kemenangan.

Tantangan yang ia terima faktanya kini sudah selangkah lebih baik berkat mengalahkan Arsenal di laga perdananya bersama Everton.

Berdasarkan statistik Sofascore, meskipun kalah dalam segi penguasaan bola, Everton jauh lebih berbahaya pada pertandingan melawan Arsenal.

Selain itu, daya juang dari para pemainnya turut membantu mereka untuk tampil secara agresif dalam memaksimalkan skema counter-pressing atau sering juga disebut sebagai gegenpressing.

Cara yang telah dilakukan oleh Sean Dyche bersama Everton sepatutnya bisa memberikan inspirasi bagi klub-klub Liga Inggris untuk mengalahkan Arsenal.