Liga Indonesia

Talent Scout Dunia Kumpul di Solo, Persis Solo Ingin Manfaatkan Momentum

Rabu, 22 Maret 2023 18:48 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Jacksen Tiago saat bertemu para pemain Persis Solo U-20. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Jacksen Tiago saat bertemu para pemain Persis Solo U-20. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persis Solo sengaja menggelar kompetisi sepak bola usia 14 tahun berbarengan dengan perhelatan Piala Dunia U-20 2023. Pilihan itu dilakukan untuk memanfaatkan momentum berkumpulnya talent scout dunia di kota Solo.

Kota Solo akan menjadi tuan rumah fase grup dan final Piala Dunia U-20 2023. Otomatis talent scout dari seluruh penjuru dunia akan berbondong-bondong datang untuk mencari talenta terbaik gunda direkrut.

Aktivitas mereka berpotensi tak hanya dilakukan di Stadion Manahan Solo. Terbuka kemungkinan bahwa mereka juga akan menjelajahi kota yang baru mereka singgahi untuk pertama kali.

Nah, kemungkinan itu dimanfaatkan Persis Solo untuk mengenalkan talenta pesepakbola muda kota Solo. Kompetisi usia 14 tahun yang akan diputar selama 13 pekan sengaja dimulai pada bulan Mei hingga Agustus.

Rencana ini diungkapkan direktur akademi Persis Solo, Jacksen Ferreira Tiago. Ada beberapa lapangan di Solo Raya yang akan dimaksimalkan untuk menggelar turnamen ini.

"Kalau tidak ada masalah, Kita akan mulai pada 21 Mei sampai Agustus, karena kita punya rencana ajang Piala Dunia ini sebagai promosi sepak bola Solo," jelas Jacksen Tiago.

"Jadi, kita harap saat Piala Dunia sudah berjalan, banyak pemandu bakat luar negeri yang ke Solo. Harapannya kita bisa promosikan sepak bola Solo ke dunia luar," lanjut Jacksen.

Kompetisi usia 14 tahun ini diharapkan membuat persentase anak Solo Raya yang gabung di Persis Youth terus meningkat. Dengan begitu, pada masa mendatang, Persis Solo tak perlu kesulitan mencari talenta putra daerah.

"Kita mau seperti tim-tim lain yang memberi wadah untuk anak-anak Solo, anak-anak (karesidenan) Surakarta, anak-anak Jawa Tengah bisa punya kesempatan maju ke Persis Solo. Sekarang jalan untuk itu belum ada," papar Jacksen.

Jacksen ingin bersaing dengan Persija Jakarta dalam memproduksi pemain-pemain berkualitas. Di Timnas Indonesia U-20, Persija menjadi tim dengan penyumbang pemain terbanyak dengan delapan wakil.