In-depth

Dari Mancini hingga Guardiola, Sabarnya Manchester City Cuma Mimpi Juara Liga Champions

Senin, 5 Juni 2023 15:38 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Martin Rickett - Pool/Getty Images
Manchester City adalah salah satu klub besar yang sangat sulit juara Liga Champions. Foto: Martin Rickett - Pool/Getty Images. Copyright: © Martin Rickett - Pool/Getty Images
Manchester City adalah salah satu klub besar yang sangat sulit juara Liga Champions. Foto: Martin Rickett - Pool/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Sejak lama, Manchester City telah memimpikan juara Liga Champions yang sampai saat ini belum kunjung terwujud.

Selama bertahun-tahun pula, tongkat kepelatihan pun sudah berganti sejak tim ini bermain di Liga Champions pada 2011/2012 misalnya, mulai era Roberto Mancini hingga Pep Guardiola.

Di tangan mereka, Manchester City meraih hasil yang beragam saat berpartisipasi di kompetisi level tertinggi Eropa ini.

Lantas, seperti apa perjalanan sang raksasa Manchester di ajang Liga Champions sejak era Roberto Mancini pada 2011/2012 hingga Pep Guardiola 2022/2023?

Roberto Mancini

Tidak banyak yang bisa dilakukan pelatih yang satu ini saat menangani Manchester City selama dua musim di Liga Champions, 2011/2012 dan 2012/2013.

Ia hanya bisa membawa tim asuhannya berlaga di putaran grup. Pertama debut di Liga Champions, Manchester City terseok-seok dan masih butuh beradaptasi.

Napoli adalah lawan pertama mereka saat itu. The Citizens pun bermain imbang 1-1 berkat gol yang dicetak Aleksandar Kolarov.

Sayangnya, Manchester City hanya finis di peringkat tiga klasemen di bawah Bayern Munchen dan Napoli.

Musim 2012/2013 pun tidak jauh berbeda. Roberto Mancini mentok membawa Manchester City ke putaran grup saja.

Bahkan kali ini lebih parah, mereka finis sebagai juru kunci klasemen di bawah Borussia Dortmund, Real Madrid, dan Ajax.