In-depth

Fakta Aneh Piala Dunia U-17, Banyak Juara Bertahan Malah Absen di Edisi Berikutnya

Jumat, 30 Juni 2023 15:08 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Arnd Wiegmann
Ada sejumlah juara Piala Dunia U-17 yang malah bernasib apes di edisi berikutnya. Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann. Copyright: © REUTERS/Arnd Wiegmann
Ada sejumlah juara Piala Dunia U-17 yang malah bernasib apes di edisi berikutnya. Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann.

INDOSPORT.COM - Piala Dunia U-17 2023 yang sudah di depan mata bakal jadi ajang debut Timnas Indonesia U-17 di turnamen FIFA dua tahunan ini.

Sejak pertama digelar, Piala Dunia U-17 telah menelurkan banyak sejarah menarik, tidak hanya tim-tim debutan, tetapi juga para juara turnamen dari masa ke masa.

Sejauh ini, Nigeria masih jadi negara tersukses sepanjang sejarah dengan lima gelar, yang terakhir kali diraih pada 2015.

Setelah Nigeria, menyusul Brasil yang telah empat kali tampil sebagai kampiun. Selain itu, anak-anak muda Negeri Samba juga berstatus petahana di Piala Dunia U-17 2023.

Di edisi 2019 lalu, mereka memenangkan partai final kontra Meksiko dengan skor 2-1 berkat gol Kaio Jorge (Juventus) dan Lazaro (Almeria).

Menjadi juara tentu cita-cita setiap tim sepak bola yang berpartisipasi dalam sebuah turnamen, tidak terkecuali Piala Dunia U-17.

Namun kesuksesan mengangkat trofi ternyata tidak menjamin sebuah tim akan berjaya lagi di edisi berikutnya.

Di Piala Dunia U-17 misalnya. Ada beberapa kontestan yang menyandang predikat juara justru tidak lolos kualifikasi di edisi selanjutnya.

Bahkan, Nigeria sebagai penguasa takhta tertinggi di Piala Dunia U-17 penah mengalami nasib apes ini pada 2017.

Lalu tidak ketinggalan Inggris yang juara pada 2017 malah terhempas saat berusaha tampil di edisi 2019. Seperti apa kisahnya?