In-depth

4 Kiper Indonesia yang Mampu Cetak Assist di Liga 1, Mirip Alisson dari Liverpool!

Minggu, 6 Agustus 2023 05:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© MO Madura United
Wawan Hendrawan lengkapi kiper Madura United. (Foto: MO Madura United) Copyright: © MO Madura United
Wawan Hendrawan lengkapi kiper Madura United. (Foto: MO Madura United)

INDOSPORT.COM Di Liga 1 Indonesia ada empat kiper yamg berhasil catatkan rekor mencetak assist layaknya kiper Liverpool, Alisson Becker.

Kiper di sepak bola modern dituntut untuk memulai dan turut serta membangun serangan atau biasa dikenal dengan build up.

Namun, sejumlah penjaga gawang ternyata mampu menunjukan hal yang lebih seperti memberi assist, bahkan mencetak gol.

Contohnya adalah eks kiper Manchester United, David de Gea yang bikin assist untuk gol Edison Cavani pada Liga Inggris musim 2021 saat lawan Fulham.

Lalu juga ada kiper Liverpool, Alisson Becker yang tak hanya ciptakan assist, tapi juga cetak gol. Dan masih banyak nama lainnya.

Di Liga 1 Indonesia, sejauh ini belum ada kiper yang mampu cetak gol. Tapi, untuk urusan assist, sudah ada empat nama yang tercatat.

Siapa saja mereka dan seperti apa momennya? Berikut pembahasan INDOSPORT.

1. Shahar Ginanjar

Kiper asal Jawa Barat ini menjadi yang pertama menorehkan assist di Liga 1. Itu dilakukan ketika Shahar Ginanjar membela PSM Makassar pada 2018 lalu.

Saat itu, Shahar mengirimkan umpan yang mampu dikonversi jadi gol oleh Ferdinand Sinaga ke gawang Barito Putera pada menit ke-28.

Dalam sebuah momen serangan balik, Shahar melepaskan sepakan jauh ke tengah, yang ternyata melewati bek Barito Putera. Bola kemudian berhasil dikejar dan dikuasai Ferdinand yang lantas menaklukan kiper Aditya Harlan.

Sayangnya, Juku Eja pada akhirnya tetap kalah di markas Barito dengan skor 1-2.

2. Miswar Saputra

Aksi Miswar terjadi saat dia membela Persebaya Surabaya pada Liga 1 2018 lalu. Ketika itu, timnya melawan Mitra Kukar.

Saat melakukan tendangan bebas di daerah pertahanan Persebaya, Miswar melepaskan umpan jauh, yang ternyata tak bisa diantisipasi bek Mitra Kukar. Bola kemudian jatuh tepat di David da Silva yang kemudian mencetak gol menit ke-58.

Laga tersebut berakhir untuk kemenangan Persebaya dengan skor telak 4-1. 

3. Wawan Hendrawan

Kiper 40 tahun ini menunjukan aksi pada Liga 1 2019. Saat itu dia masih bermain untuk Bali United dan pada momen melawan Persib Bandung.

Umpan jarak jauh Wawan Hendrawan pada menit ke-78 berhasil melewati lini belakang Persib, sebelum disontek oleh Stefano Lilipaly untuk bobol gawang Made Wirawan.

Gol tersebut sekaligus membawa Bali United comeback dan menang 3-2 atas Maung Bandung.

4. Dikri Yusron

Kiper Persik Kediri ini mencatatkan namanya di buku 'rekor' setelah assistnya membantu Macan Putih menang 2-1 atas PSM Makassar di pekan keenam Liga 1 2023.

Sepakan jarak jauh Dikri pada menit ke-53 tak bisa diantisipasi oleh bek PSM, Yuran Fernandes yang berusaha menyundul. Bola kemudian berhasil dikejar dan dikuasai oleh Jefinho yang lantas menaklukan kiper PSM.