In-depth

5 Kisah Chelsea Bajak Target Rival Liga Inggris, Liverpool Bukan yang Pertama!

Sabtu, 12 Agustus 2023 16:50 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Peter Cziborra
Mengenang lima kisah Chelsea membajak target para rivalnya di Liga Inggris (Premier League) menyusul aktivitas saling bajaknya dengan Liverpool di bursa transfer kali ini. Copyright: © REUTERS/Peter Cziborra
Mengenang lima kisah Chelsea membajak target para rivalnya di Liga Inggris (Premier League) menyusul aktivitas saling bajaknya dengan Liverpool di bursa transfer kali ini.

INDOSPORT.COM – Mengenang lima kisah Chelsea membajak target para rivalnya di Liga Inggris (Premier League) menyusul aktivitas saling bajaknya dengan Liverpool di bursa transfer kali ini.

Saat ini, bursa transfer musim panas 2023 tengah disibukkan dengan aksi saling bajak antara dua klub top Liga Inggris, Chelsea dan Liverpool.

Semua berawal dari Romeo Lavia yang menjadi target teratas Liverpool. Tapi, Chelsea menikung rivalnya dengan memberikan penawaran yang kini berkisar 55 juta poundsterling ke Southampton.

Kesal ditikung, Liverpool mencoba menikung balik rivalnya itu dan menawarkan 110 juta poundsterling ke Brighton untuk menggaet Caicedo.

Tapi, Caicedo ternyata menolak Liverpool dan lebih memilih Chelsea, sehingga nama terakhir kini dikabarkan siap menyamai atau menyaingi tawaran rivalnya itu.

Dalam laporan teranyar, Chelsea sudah sepakat dengan Romeo Lavia dan kini dalam perjalanan merampungkan transfer Moises Caicedo yang sudah disepakati oleh Liverpool dengan Brighton.

Tak ayal, Chelsea pun makin menegaskan posisinya sebagai klub tukang bajak target lawan. Nyatanya, Liverpool bukanlah klub Inggris pertama yang ditikung oleh The Blues. Berikut kisah The Blues menikung rivalnya.

1. Mykhalyo Mudryk

Sebelum aksi tikung dengan Liverpool, Chelsea terlebih dahulu menikung Arsenal dalam perburuan Mykhaylo Mudryk dari Shakhtar Donetsk pada Januari 2023 lalu.

Dilaporkan The Athletic, pimpinan Shakhtar Donetsk, Sergei Palkin, menyebutkan bahwa dirinya dan Arsenal hampir mencapai kesepakatan karena komunikasi yang intens.

Tapi Chelsea melalui petingginya, Behdad Eghbali dan Paul Wintansley, terbang ke Turki dan bertemu dengan Sergei Palkin untuk menuntaskan transfer Mudryk.

Diketahui, Chelsea dan Arsenal melayangkan tawaran yang sama total 88 juta poundsterling termasuk bonus. Tapi Sergei Palkin menganggap tawaran The Blues lebih masuk akal ketimbang The Gunners.

2. John Obi Mikel

Kembali jauh ke era Roman Abramovich, Chelsea juga sempat membajak target rivalnya, Manchester United, yakni John Obi Mikel.

Berbeda dengan kasus Mudryk yang belum sepakat dengan Arsenal, Chelsea membajak Mikel saat sang pemain sudah sepakat dengan Manchester United.

Bahkan saat itu, Mikel sudah mengenakan jersey Manchester United dan sudah diperkenalkan. Tapi, Chelsea kemudian membajaknya ke Stamford Bridge.

Karena aksinya itu, Chelsea pun harus membayar biaya transfer Mikel sebesar 4 juta poundsterling dan membayar Manchester United 12 juta poundsterling untuk memutus kesepakatannya.