In-depth

5 Klub yang 'Cuan' di Bursa Transfer Musim Panas 2023, Chelsea Paling Untung!

Selasa, 29 Agustus 2023 18:15 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Reuters-Andrew Boyers
Setidaknya ada lima klub yang mendapatkan ‘cuan’ di bursa transfer musim panas 2023 ini, di mana salah satunya adalah klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea. Copyright: © Reuters-Andrew Boyers
Setidaknya ada lima klub yang mendapatkan ‘cuan’ di bursa transfer musim panas 2023 ini, di mana salah satunya adalah klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea.

INDOSPORT.COM – Setidaknya ada lima klub yang mendapatkan ‘cuan’ di bursa transfer musim panas 2023 ini, di mana salah satunya adalah klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea.

Bursa transfer musim panas 2023 tak hanya dimanfaatkan oleh berbagai klub Eropa maupun Asia untuk belanja pemain semata.

Namun jagat transfer musim panas 2023 juga dimanfaatkan oleh beberapa klub untuk melego pemain-pemainnya demi mendapatkan keuntungan.

Selain menjual pemain untuk keuntungan, bagi klub-klub Eropa penjualan pemain membantu mereka untuk menyeimbangkan neraca keuangan.

Menyeimbangkan neraca keuangan ini agar selaras dengan Financial Fair Play (FFP), di mana ada aturan setiap klub harus bisa belanja sesuai dengan pendapatan yang dimilikinya.

Karenanya, beberapa klub di Eropa terutama, rajin melego pemain-pemainnya hingga mendapat pemasukan ratusan juta euro atau triliunan rupiah.

Dari seluruh klub yang ada di dunia, klub mana yang paling ‘cuan’ karena penjualan pemain di bursa transfer musim panas 2023 ini? Berikut rangkuman INDOSPORT.

5. West Ham United

West Ham United menjadi klub kelima yang paling cuan di musim panas 2023 ini, usai mendapat pemasukan sebesar 156,4 juta euro (Rp2,5 triliun) dari penjualan pemainnya.

Hingga artikel ini dibuat, West Ham telah melego enam pemain, yakni Declan Rice, Gianluca Scamacca, Nikola Vlasic, Arthur Masuaku, Manuel Lanzini, dan Flynn Downes.

Dari enam pemain itu, hanya dua pemain yang hengkang dengan status pinjaman, sedangkan empat lainnya pergi dengan status permanen,

Declan Rice dan Scamacca menjadi penyumbang terbesar pendapatan West Ham di musim panas ini, dengan total 136,6 juta euro (Rp2,2 triliun).

4. Southampton

Karena terdegradasi ke kasta kedua, banyak pemain Southampton angkat kaki yang berimbas pada pendapatan klub di musim panas 2023 ini yakni sebesar 176,34 juta euro (Rp2,9 triliun).

Total ada 17 pemain yang angkat kaki dari Southampton di musim panas 2023 ini, di mana enam pemain di antaranya pergi dengan status permanen.

Dari enam pemain itu, Romeo Lavia menjadi penjualan termahal Southampton dengan harga total 62,1 juta euro atau setara Rp1 triliun.

Romeo Lavia disusul oleh Tino Livramento yang dijual Rp613 miliar dan juga James Ward-Prowse yang dilego sebesar Rp573 miliar.