Liga Inggris

Pilih Adaptasi di Liverpool ketimbang Bela Timnas, Ryan Gravenberch Kena Semprot

Selasa, 5 September 2023 12:49 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Isman Fadil
© liverpoolfc
Ryan Gravenberch, pemain anyar klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, menuai kontroversi usai memilih beradaptasi di klub barunya ketimbang membela timnas Belanda. (Foto: liverpoolfc) Copyright: © liverpoolfc
Ryan Gravenberch, pemain anyar klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, menuai kontroversi usai memilih beradaptasi di klub barunya ketimbang membela timnas Belanda. (Foto: liverpoolfc)

INDOSPORT.COM - Ryan Gravenberch, pemain anyar klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, menuai kontroversi usai memilih beradaptasi di klub barunya ketimbang membela timnas Belanda.

Ryan Gravenberch baru diumumkan sebagai pemain baru Liverpool beberapa hari lalu. Namun, pemain timnas Belanda tersebut sudah mencuatkan kontroversi. 

Terbaru, Ryan Gravenberch diketahui menolak panggilan timnas Belanda U-21 dalam jeda internasional pekan ini. Namun, alasan yang diberikan sang pemain-lah yang membuat geleng-geleng kepala.

Bagaimana tidak, Ryan Gravenberch menolak membela timnas "hanya" karena ingin beradaptasi dengan suasana dan gaya hidup di Liverpool. 

Keputusan pemain 21 tahun tersebut tentunya membuat manajer Timnas Belanda U-21, Michael Reiziger, murka. Pasalnya, Gravenberch merupakan salah satu pemain kunci di lini tengah Tim Oranye Muda.

"Saya pikir, keputusannya tidak tepat. Saya sudah bilang itu padanya. Saya tahu Ryan. Dia adalah anak yang baik, tapi dia membuat pilihan yang salah kali ini," ujar Michael Reiziger, dikutip dari Liverpool Echo.

"Untuk membela negara, Anda harus bermain dengan hati, bukan pikiran. Ini adalah sebuah kehormatan. (Untuk membela timnas) Anda benar-benar harus mau ada di timnas dan merasa itu sangat penting untuk Anda."

"Tapi, dia sudah membuat keputusan dan dia ingin tinggal di Liverpool untuk beradaptasi. Saya sendiri percaya kalau membela negara adalah suatu kehormatan. Ini soal prinsip. Berarti dia merasa timnas Belanda U-21 tidak penting," imbuhnya.

Tak mau ketinggalan, pelatih kepala timnas Belanda, Ronald Koeman, turut menyemprot Ryan Gravenberch.

"Kami sama sekali tidak bahagia. Nigel de Jong (nama asisten Ronald Koeman), sudah menghubunginya sejak lama," kata Ronald Koeman.