In-depth

Deretan Pemain yang Bisa Hengkang ke Arab Saudi pada 2024: Ada Salah hingga Sancho

Sabtu, 9 September 2023 05:10 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Molly Darlington
Pemain Liverpool, Mohamed Salah, coba melepaskan tendangan ke gawang Wolverhampton Wanderers di Liga Inggris. Copyright: © REUTERS/Molly Darlington
Pemain Liverpool, Mohamed Salah, coba melepaskan tendangan ke gawang Wolverhampton Wanderers di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Ada sejumlah pemain bintang di kompetisi Eropa yang berpotensi hengkang ke Arab Saudi pada 2024 mendatang, termasuk winger Liverpool yaitu Mohamed Salah.

Bursa transfer musim panas 2023 memang sudah ditutup. Akan tetapi Liverpool terus menerus mendapatkan godaan dari klub Arab Saudi yakni AlIttihad agar mau menjual Mohamed Salah.

Perwakilan Al Ittihad bahkan sempat dikabarkan terbang ke Inggris untuk bernegosiasi dengan pihak Liverpool. Mereka siap memboyong Mo Mohamed Salah seharga 215 juta pounds (Rp4,1 triliun).

Penyerang berkebangsaan Mesir ini juga ditawari gaji tinggi plus persentase penjualan jersey, bonus kemenangan sebesar 55 ribu pounds, dan jabatan duta besar di tiga perusahaan besar Arab Saudi.

Akan tetapi, usaha Al Ittihad sia-sia, karena The Reds masih membutuhkan jasa sang bintang. Apalagi bursa transfer Arab Saudi sudah ditutup sejak Kamis (07/09/23) lalu.

Meski begitu,  ini bukanlah akhir dari pengejaran Al-Ittihad terhadap Mo Salah. Klub yang bermarkas di Jeddah itu akan tetap membujuk Salah untuk gabung musim depan.

Liverpool berpotensi bisa menjual Mohamed Salah setelah melihat peluang bisa meraup untung sangat besar. Apalagi usia sang pemain kini sudah menginjak 31 tahun.

Jadon Sancho (Manchester United)

Jadon Sancho baru saja dipastikan tidak akan pindah ke Arab Saudi setelah jendela bursa transfer negara Timur Tengah itu resmi berakhir pada Kamis (07/09/23) kemarin.

Winger berusia 23 tahun tersebut memang memiliki masa depan yang diragukan. Apalagi usai dirinya merilis komentar kontroversial menanggapi komentar sang pelatih soal performa buruknya saat latihan.

Sejurus dengan isu konflik antarpemain-pelatih tersebut, muncul laporan yang mengklaim bahwa Al Ettifaq yang diasuh Steven Gerrard ingin memboyong eks pemain Borussia Dortmund.

Tim Liga Arab Saudi tersebut menawarkan kesepakatan pinjaman untuk Jadon Sancho hingga akhir musim dan Manchester United siap melepaskan pergi.

Namun kesepakatan itu batal di hari terakhir bursa transfer Arab Saudi, karena Man United ingin memasukkan klausul jual beli pada kontrak pinjaman dengan biaya Rp955 miliar.

Al Ettifaq keberatan dengan permintaan Man United. Akhirnya, negosiasi tidak berlanjut dan sang pemain tetap bertahan di Old Trafford.

Akan tetapi, di tahun depan sangat berpotensi bila Jadon Sancho hengkang ke Arab Saudi. Manchester United tinggal menunggu adanya klub Arab yang berani membeli sang pemain dengan mahar tinggi.