Timnas Indonesia

3 Pemain ‘Hilang’ Jelang Lawan Kirgizstan, Indra Sjafri Pusing tapi...

Senin, 18 September 2023 20:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Latihan Timnas Indonesia U-24 jelang ke Asian Games 2023 di Lapangan A Senayan, Jumat (15/09/23). Latihan baru diikuti 15 pemain. (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Latihan Timnas Indonesia U-24 jelang ke Asian Games 2023 di Lapangan A Senayan, Jumat (15/09/23). Latihan baru diikuti 15 pemain. (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-24 sedang bersiap untuk pertandingan perdana Grup F Asian Games 2022 melawan Kirgizstan pada Selasa (19/09/23) di University East Stadium, China. Tapi, skuad Garuda Muda belum lengkap karena kehilangan tiga pemain. 

Timnas Indonesia U-24 sudah tiba di China pada Minggu (17/09/23) dan jalani latihan pemulihan di Jinhua Youth Sports Scholl Football, Huangzhou. 

Pelatih Timnas U-24, Indra Sjafri mengatakan timnya siap untuk bermain di laga perdana melawan Kirgizstan. Tapi ada tiga pemain yang belum bergabung dan hanya ada 19 pemain saat ini.

Tiga pemain yang dimaksud adalah Beckham Putra yang sedang cedera, Kadek Arel yang izin karena masih sakit dan Ramadhan Sananta yang batal gabung karena tidak diizinkan klubnya, Persis Solo. 

"Setelah melakukan perjalanan panjang dari Indonesia dan sempat transit di Hongkong, kami lakukan latihan perdana di Hangzhou. Menu latihan ringan, kami jalani latihan pemulihan dan adaptasi disini," kata Indra Sjafri.

"Kami juga masih menunggu pemain-pemain yang akan bergabung pada besok (hari ini-red). Yang jelas kami sudah fokus jelang laga perdana lawan Kirgizstan. Pemain yang siap dan sudah ada di Huangzhou sebanyak 19 pemain," sambungnya.

Untuk Asian Games 2022, Timnas U-24 membawa 22 pemain. Dengan situasi yang terjadi, dia harus maksimalkan 19 nama yang ada karena aturan tidak mengizinkan pemanggilan pemain baru atau pengganti.

Khusus situasi Sananta, Indra Sjafri sedikit menyayangkan karena PSSI sudah menyiapkan tiket. Persis Solo awalnya memberikan izin, dengan catatan samg striker akan menyusul setelah membela klub lawan PSIS Semarang.

Tapi, Persis pada akhirnya tidak memberikan izin dengan alasan kekurangan striker. Tim Laskar Samber Nyawa hanya punya dua striker yang tersedia karena Arkhan Kaka sudah ke Timnas U-17 dan Fernando Rodriguez izin pulang ke Spanyol.

“Dari hasil diskusi dan komitmen saya dengan klub, salah satunya Persis Solo, sebelumnya setuju memberikan pemain memperkuat timnas Asian Games. Untuk Persis Solo kita panggil hanya satu pemain, yaitu Ramadhan Sananta,” jelas Indra Sjafri.

“Atas Izin Persis Solo dan komitmen manager, Persis menyetujui Sananta bergabung dengan permintaan bermain terlebih dulu melawan PSIS Semarang, di tanggal 16 September 2023. Kita setujui dan sepakat pemain yang bersangkutan berangkat menyusul ke Huangzhou tanggal 18 September 2023 dini hari,” lanjutnya.

“Tapi akhirnya Sananta tidak dibolehkan berangkat. Padahal ID card sudah diterbitkan oleh panitia Asian Games. Tiket keberangkatan ke Huangzhou juga sudah disiapkan untuk semua pemain yang menyusul dengan penerbangan tanggal 18 September dini hari pukul 00:15 WIB,” sambung pelatih 60 tahun itu.