In-depth

Termasuk Man United dan Barcelona, 5 Opsi Klub Baru Matthijs de Ligt jika Tinggalkan Bayern Munchen

Minggu, 24 September 2023 13:20 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Reuters/Albert Gea
Masa depan Matthijs de Ligt saat ini tengah jadi buah bibir usai yang bersangkutan tidak lagi jadi pilihan utama di lini pertahanan Bayern Munchen. Foto: REUTERS/Albert Gea Copyright: © Reuters/Albert Gea
Masa depan Matthijs de Ligt saat ini tengah jadi buah bibir usai yang bersangkutan tidak lagi jadi pilihan utama di lini pertahanan Bayern Munchen. Foto: REUTERS/Albert Gea

INDOSPORT.COM - Masa depan Matthijs de Ligt saat ini tengah jadi buah bibir usai yang bersangkutan tidak lagi jadi pilihan utama di lini pertahanan Bayern Munchen.

Hanya duduknya ia di bangku cadangan dalam laga Liga Champions kontra Manchester United tempo hari dilaporkan jadi akhir kesabarannya menunggu kesempatan menjadi starter dan siap menimbang opsi jika bursa transfer dibuka kembali.

Sebagai informasi, Thomas Tuchel selaku manajer Bayern Munchen lebih senang memainkan duet bek tengah Dayot Upamecano dan Kim Min-jae semenjak 2023/2024 dimulai.

De Ligt hanya dipakai sebagai cadangan dan baru sekali menjadi pemain inti di lima penampilan lintas ajang yang dilakoninya musim ini.

Tuchel sendiri menampik jika defender asal Belanda tersebut berada dalam kondisi tidak fit atau menunjukkan performa buruk dalam latihan. Bahkan eks bos Chelsea tersebut meyakini jika De Ligt pantas bermain.

Menurut Tuchel lagi, tidak perlu ada pembeberan alasan kenapa saat ini Kim dan Upamecano bermain lebih sering. Pun ia juga tidak berutan permintaan maaf pada De Ligt yang ia anggap bisa mengerti situasi ini.

Namun bagaimanapun juga De Ligt cepat atau lambat akan bereaksi juga mengingat ia adalah pemain termahal ketiga di sejarah transfer Bayern Munchen ketika dibeli dari Juventus seharga 67 juta Euro pada musim panas 2022 silam.

Berikut ini adalah lima opsi yang bisa ia pertimbangkan jika ingin meneruskan kariernya bersama klub baru musim depan.

1. Manchester United

Matthijs de Ligt bukan nama asing bagi Manchester United mengingat sebelum bergabung dengan Juventus dari Ajax Amsterdam pada bursa transfer musim panas 2019 silam, ia adalah target Setan Merah.

Kini impian yang tertunda itu bisa terwujud kembali terutama usai United kini dilatih oleh bekas pelatih De Ligt di Ajax, Erik ten Hag, yang punya hubungan super baik dengannya.

Transfer ini semakin masuk akal apabila Manchester United juga butuh bek sentral baru yang lebih fit untuk menggantikan Raphael Varane dengan segudang problem cederanya.

2. Chelsea

Chelsea juga salah satu mantan penggemar De Ligt yang mungkin hingga saat ini pun masih memendam rasa suka. Setahun lalu pun sebenarnya The Blues juga sudah sempat menggodanya sebelum sang pemain memilih Bayern Munchen.

Layaknya Manchester United, Chelsea pun butuh peremajaan di lini belakang mengingat Thiago Silva kini sudah berusia 39 dan sisa kontraknya pun hanya sampai akhir musim ini.

Ditambah lagi Malang Sarr juga Trevoh Chalobah digosipkan akan pergi. Benoit Badiashile, Levi Colwill, Wesley Fofana, serta Axel Disasi mungkin memang berbakat namun belum satupun yang selevel dengan De Ligt.