Liga 1

3 Aksi Blunder Andritany yang Rugikan Persija Jakarta

Selasa, 26 September 2023 18:54 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Proses gol yang dicetak pemain Bali United, Rahmat Arjuna usai melewati kiper Persija, Andritany pada laga pekan ke-13 Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot, Minggu (24/09/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Proses gol yang dicetak pemain Bali United, Rahmat Arjuna usai melewati kiper Persija, Andritany pada laga pekan ke-13 Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot, Minggu (24/09/23).

INDOSPORT.COM - Penampilan penjaga gawang sekaligus kapten tim Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa belakangan mendapatkan sorotan tajam. Bagaimana tidak pemain yang kerap disapa Bagol ini kerap melakukan blunder yang tak jarang merugikan timnya.

Persija Jakarta memang seakan belum menemukan penampilan konsisten di ajang Liga 1 2023-2024. Tim Macan Kemayoran ini bahkan terlempar dari posisi 5 besar klasemen sementara Liga 1 2023-2024. 

Persija Jakarta saat ini menempati peringkat delapan klasemen sementara dengan raihan 18 poin dari 13 laga yang telah dilakoni.

Persija Jakarta bahkan sempat tidak meraih kemenangan di lima laga beruntun di ajang Liga 1 2023-2024. Meskipun Persija sempat kembali ke jalur kemenangan saat menaklukkan Persik Kediri di pekan ke-12.

Namun di pekan ke-13, Persija Jakarta kembali gagal meraih kemenangan setelah kembali ditahan imbang oleh tamunya Bali United di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi.

Menurutnya penampilan Persija Jakarta dinilai ada salah satu fakta dari penampilan sang penjaga gawang Andritany Ardhiyasa yang dinilai tengah jauh dari penampilan terbaiknya.

Andritany kerap melakukan belu deh fatal yang berakibat gawang Persija Jakarta kebobolan. Tak ayal dengan situasi ini, menggema di jagat sosial media untuk Persija Jakarta berani mengistirahatkan sementara Andritany dari penjaga gawang Persija Jakarta.

Dilansir dari situs Transfermarkt, Andritany tercatat sudah kebobolan 12 gol dan berhasil menahan 2 gol dari 12 pertandingan yang dia jalani di Liga 1 musim ini. 

Oleh karena itu, Jakmania pun meminta agar Persija segera memberikan menit bermain untuk Cahya Supriadi supaya Andritany bisa memiliki pesaing. 

Dengan catatan ini pula setidaknya Thomas Doll selaku pelatih Persija Jakarta diharapkan mampu memberikan kesempatan penampilan kepada penjaga gawang muda Persija Jakarta, Cahya Supriadi.

Setidaknya INDOSPORT.com mencoba mengingat kembali aksi blunder Andritany bersama Persija Jakarta di kancah Liga 1 2023-2024.

Persija Jakarta Vs Arema Pekan 9 Liga 1

Andritany melakukan blunder fatal saat Persija Jakarta menghadapi Arema FC di pekan ke-9 Liga 1 2023-2024. Di mana Andritany salah mengantisipasi pergerakan striker Arema FC, Gustavo Almeida.

Tepatnya di menit 38, saat itu, Andritany Ardhiyasa keluar dari gawangnya dan kotak penalti untuk menghalau laju Gustavo Almeida.

Tapi, sayangnya Andritany tidak berhasil menghadangnya dan berujung kebobolan. Kondisi tersebut turut disesali sang kiper.

Atas gol tersebut, membuat Persija Jakarta terpaksa harus kehilangan tiga poin saat bermain di kandang.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi Minggu (20/08/23) berakhir imbang 2-2.

Persik Kediri vs Persija Jakarta Pekan ke-12 Liga 1

Blunder selanjutnya dilakukan Andritany saat Persija Jakarta bertandang ke markas Persik Kediri di pekan ke-12 Liga 1 2023-2024.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Brawijaya, Kediri, Minggu (17/09/23). Di mana kesalahan Andritany membuahkan gol untuk Persik Kediri.

Di mana saat Persik membuka keunggulan melalui M Khanafi menit 35. Berawal Renan Silva mengirim umpan panjang yang gagal disapu Andritany di luar kotak penalti, Khanafi yang lolos menceploskan dengan mudah.

Beruntung di laga ini, Persija Jakarta mampu membalikkan keadaan dan mampu menang dengan skor 2-1.

Persija Jakarta vs Bali United pekan ke-13 Liga 1

Blunder selanjutnya dilakukan Andritany di pekan ke-13 Liga 1 2023-2024. Di mana Persija Jakarta menjamu Bali United di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Minggu (24/09/23).

Dalam laga ini memang tidak sepenuhnya kesalahan Andritany. Di mana pada menit ke-12. Rahmat Arjuna lolos ke belakang pertahanan Persija memanfaatkan kesalahan Hansamu Yama dan tinggal menghadapi Andritany Ardhiyasa.

Andritany sempat menepis sepakan pertama Arjuna, namun bola kembali jatih ke kaki pemain Bali United ini dan tinggal menghadapi gawang kosong dan dengan mudah mencetak gol.

Akibat penampilannya ini, Andritany pun tampak mendapat semprotan dari pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll selepas laga.