Liga Inggris

Jurgen Klopp Full Senyum! Wataru Endo Kian Sempurnakan Lini Tengah Liverpool

Jumat, 29 September 2023 01:30 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Subhan Wirawan
© instagram/endowataru
Gelandang Liverpool, Wataru Endo. Foto: instagram/endowataru. Copyright: © instagram/endowataru
Gelandang Liverpool, Wataru Endo. Foto: instagram/endowataru.

INDOSPORT.COM – Jurgen Klopp pastinya senang bukan main sebab Wataru Endo kian sempurnakan lini tengah klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool.

Mengganti 10 pemainnya, Jurgen Klopp pastinya senang dengan performa Liverpool kala mengalahkan Leicester City 3-1 pada laga putaran ketiga Piala Liga Inggris, Kamis (28/09/23).

Dari 11 pemain yang dipilihnya menjadi starter, sang kapten Timnas Jepang, Wataru Endo, layak disebut sebagai pemain terbaik.

Pria asal Jepang itu mungkin bukanlah pemain yang sempat terpikirkan oleh fans untuk diboyong guna mengemban peran posisi nomor 6.

Namun, dari rekam jejaknya, Wataru Endo memang selalu terbukti sebagai pemain yang dapat diandalkan sehingga Liverpool memboyongnya dari semua opsi gelandang yang ada di bursa transfer musim panas 2023.

Sebetulnya, sejak diboyong The Reds, Endo sendiri jarang diberikan kesempatan bermain sejak menit awal, bahkan laga kontra The Foxes adalah ketiga kalinya ia turun sebagai starter.

Mantan penggawa Vfb Stuttgart itu mengakui sebelum laga kontra Leicester bahwa dirinya masih membiasakan diri bermain untuk Liverpool sekaligus menyesuaikan sistem Jurgen Klopp yang pastinya baru baginya.

“Saya harus memberikan 110 persen dan bahkan setelahnya saya merasa, seperti baru melakukannya hanya batas minimum saja,” ungkap Endo dalam video blog yang diterbitkan oleh media Jepang, Synchronous.

“Saya rasa saya masih harus lebih beradaptasi dengan sistem (yang diterapkan Jurgen Klopp). Jadi, tunggulah sebentar lagi.”

Menariknya, Wataru Endo menunjukkan kemampuannya yang ciamik sehingga pembelian sang pemain dianggap sebagai langkah cerdas untuk Jurgen Klopp.