In-depth

Clean Sheet Olivier Giroud Lebih Banyak dari Andre Onana Sebagai Kiper, Kok Bisa?

Minggu, 8 Oktober 2023 14:34 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Daniele Mascolo
Pemain AC Milan Olivier Giroud melakukan penyelamatan gawang setelah menggantikan kiper Mike Maignan. pada laga Serie A Italia, Minggu (08/10/23). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo) Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
Pemain AC Milan Olivier Giroud melakukan penyelamatan gawang setelah menggantikan kiper Mike Maignan. pada laga Serie A Italia, Minggu (08/10/23). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM - Olivier Giroud secara mendadak menjadi kiper untuk AC Milan di Liga Italia (Serie A), ia pun membantu tim meraih kemenangan clean sheet.

Duel seru tersaji di pertandingan lanjutan Liga Italia pekan ke-8 antara Genoa vs AC Milan di Stadion Luigi Ferraris pada Minggu (08/10/23) dinihari WIB.

Bermain di depan publiknya sendiri, Genoa gagal membukus kemenangan. Mereka malah kalah tipis 0-1 dari AC Milan lewat gol tunggal Christian Pulisic.

Kedua tim sendiri tampil cukup sengit di sepanjang pertandingan karena nyaris tidak ada gol yang tercipta, buktinya di babak pertama berakhir 0-0.

Begitu juga di babak kedua, Genoa dan AC Milan masih kesulitan menggetarkan jala gawang masing-masing. Baru di penghujung pertandingan kebuntuan pecah.

Adalah Pulisic yang menjadi aktornya. Umpan Yunus Musah bisa diterima dengan baik oleh Pulisic di tengah kepungan lawan.

Pemain asal Amerika Serikat itu lantas melepaskan sepakan dari dalam kotak penalti yang tidak bisa diantisipasi kiper Josep Martinez.

Gol sempat dicek oleh wasit lantaran dugaan handsball Pulisic, namun skor tetap di hitung dan Milan memimpin 1-0 hingga pertandingan berakhir.

Kemenangan ini mengantarkan A Milan ke puncak klasemen Liga Italia dengan 21 poin dari 8 pertandingan. Unggul 2 angka dari rival terdekatnya, Inter Milan di tempat kedua dengan 19 poin.

Sementara Genoa turun ke peringkat 15 dengan 8 poin. Selain keberhasilan AC Milan menjadi capolista, ada kejadian menarik yang bikin pertandingan ini disorot.

Yaitu munculnya Olivier Giroud sebagai kiper AC Milan menggantikan Mike Maginan. Jadi awalnya begini, di masa injury time babak kedua, wasit mengganjar Maignan dengan kartu merah di menit ke-90+8.

Karena Maignan dianggap telah melakukan pelanggaran terhadap penyerang Genoa, Caleb Ekuban setelah dicek oleh VAR (Video Assistant Referee).

Kiper Prancis ini terlihat jelas menghantam dada Ekuban dengan lututnya dalam sebuah perebutan bola di luar kotak penalti. 

Karena jatah lima pergantian pemain sudah habis, Giroud terpaksa mengisi posisi penjaga gawang yang ditinggalkan Maignan.