In-depth

Siapa Lois Openda? Striker RB Leipzig yang Jadi Rebutan Liverpool dan Chelsea

Minggu, 8 Oktober 2023 13:54 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Annegret Hilse
Dua klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool dan Chelsea, tengah bertarung memperebutkan penyerang RB Leipzig, Lois Openda. Copyright: © REUTERS/Annegret Hilse
Dua klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool dan Chelsea, tengah bertarung memperebutkan penyerang RB Leipzig, Lois Openda.

INDOSPORT.COM – Dua klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool dan Chelsea, tengah bertarung memperebutkan penyerang RB Leipzig, Lois Openda.

Dilaporkan oleh The Hard Tackle, Liverpool dan Chelsea tertarik memboyongnya untuk menambah ketajaman di lini serang musim ini.

Lois Openda disebut sebagai target yang tepat karena penampilan apiknya bersama RB Leipzig, meski baru bergabung musim ini.

Penyerang berusia 23 tahun ini mampu mencetak total lima gol dan dua assist dari sembilan penampilannya bersama tim berjuluk Die Rotten Bullen itu.

Catatan apiknya ini meneruskan catatan apiknya musim 2022/2023 lalu bersama RC Lens yang mampu mencetak 21 gol dari 38 pertandingan di ajang Liga Prancis 2022/2023.

Ketajaman itu dirasa Liverpool dan Chelsea bisa mengangkat ketajaman di lini serangnya yang sama-sama membutuhknya penyerang tengah baru.

Profil Lois Openda

Lois Openda adalah penyerang RC Lens yang berasal dari Belgia. Ia lahir di Liege pada 16 Februari 2000 silam atau saat ini berusia 23 tahun.

Kariernya di dunia sepak bola dimulai dari klub lokal di Liege, yakni Patro Othee FC dan RFC Liege. Dari sana, ia pun kemudian bergabung tim profesional daerahnya, yakni Standard Liege.

Kariernya di Standard Liege pun hanya berlangsung di level akademi saja. Pada 2015, Openda memutuskan hijrah ke Club Brugge.

Di Club Brugge, Openda mendapat kesempatan debut di usia 18 tahun dan sempat dipinjamkan ke Vitesse Arnhem selama dua tahun, yakni dari 2020 hingga 2022.

Setelah menjalani masa peminjaman yang sukses dengan mencetak 37 gol dari 88 laga, RC Lens kemudian merekrutnya pada akhir masa peminjaman dengan harga 10 juta euro.

Perjudian dengan harga fantastis itu dibayar tuntas oleh Openda dengan 21 gol dari 38 laga, sehingga RB Leipzig menebusnya dengan harga 37,5 juta euro.

Dengan catatan yang apik itu, bagaimana kualitas Lois Openda sehingga Liverpool dan Chelsea tertarik memboyongnya?