Bola Internasional

Bikin UEFA Pusing, Kisah di Balik Dukungan Setia Fans Celtic untuk Kemerdekaan Palestina

Kamis, 12 Oktober 2023 14:55 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Toby Melville
Suporter klub Liga Skotlandia, Celtic, menuai apresiasi atas keberanian mereka mengekspresikan dukungan pada Palestina. (Foto: REUTERS/Toby Melville) Copyright: © REUTERS/Toby Melville
Suporter klub Liga Skotlandia, Celtic, menuai apresiasi atas keberanian mereka mengekspresikan dukungan pada Palestina. (Foto: REUTERS/Toby Melville)

INDOSPORT.COM - Suporter klub Liga Skotlandia, Celtic, menuai apresiasi atas keberanian mereka mengekspresikan dukungan pada Palestina.

Pemandangan menarik terjadi di Liga Premier Skotlandia. Jelang laga kontra Kilmarnock, fans garis keras Celtic membentangkan spanduk dukungan pada Palestina.

Dilansir dari Daily Mail, spanduk bertuliskan "Free Palestine" dan "Victory to the Resistance" tersebut dibentangkan oleh Green Brigade Ultras di Celtic Park.

Adapun tulisan tersebut dibentangkan untuk memberi dukungan pada rakyat Palestina, yang belakangan hubungannya dengan Israel tengah memanas. 

Menanggapi peristiwa tersebut, pihak Celtic menegaskan jika spanduk tersebut tidak mewakili pendapat klub. Mereka juga mengecam aksi para suporter yang membentangkan tulisan tersebut.

Momen ini tentunya tak luput dari perhatian UEFA. Induk federasi sepak bola Benua Eropa ini memang diketahui cukup tegas untuk melarang segala bentuk ekspresi politik di lapangan hijau, walau pada penerapannya standar ganda.

Usut punya usut, suporter Celtic rupanya sudah beberapa kali mengungkapkan dukungan kepada Palestina. Salah satu yang paling diingat tentunya adalah saat klub raksasa Skotlandia tersebut menghadapi klub Israel, Hapoel Beer-Sheva, di Kualifikasi Liga Champions 2016/2017 silam.

Dalam laga yang digelar di Cetic Park, Kamis (18/08/16) silam tersebut, suporter Celtic secara serempak membentangkan bendera Palestina di tribun penonton.

Aksi ini bahkan sudah dikoordinasi sebelumnya oleh kelompok yang menamakan diri mereka dengan Celtic Fans for Palestine. Kelompok ini memang dikenal giat dalam menggalang dukungan untuk Palestina melalui laman Facebook.

Tak hanya itu, Kelompok ini juga menilai jika semua klub asal Israel tidak berhak untuk tampil di seluruh ajang kompetisi sepak bola.