In-depth

Trequartista dan Tuah Si Nomor 10 yang Bawa AC Milan Rajai Eropa, Kini Tinggal Kenangan

Kamis, 12 Oktober 2023 16:38 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© acmilan.com
Selebrasi Kaka dan Seedorf saat masih berseragam AC Milan Copyright: © acmilan.com
Selebrasi Kaka dan Seedorf saat masih berseragam AC Milan

INDOSPORT.COM – Sempat jadi primadona dan jadi kunci AC Milan rajai Eropa, kini posisi trequartista sudah jarang terdengar seiring berkembangnya taktik sepak bola modern.

Pada era 90-an, AC Milan dan hampir seluruh tim dari Liga Italia memang sangat bergantung pada sosok trequartista yang jadi kreator serangan.

Secara Bahasa, trequartista berarti tiga perempat yang merujuk pada posisi bermain yakni 3/4 daerah lawannya. Sementara secara taktikal, trequartista artinya adalah yang jadi penyambung aliran bola dari lini tengah ke lini serang.

Namun dalam permainan, peran trequartista jauh lebih berat dan komplek lantaran pemain tersebut harus mempunyai kemampuan passing, dribbling, shooting hingga finishing yang sama baiknya.

Ditempatkan dibelakang striker tunggal, trequartista harus tahu cara melepaskan diri dari penjagaan lawan, kemudian bergerak cepat untuk mengalirkan bola.

Seorang trequartista wajib bisa membaca kondisi sekitarnya, sehingga saat menguasai bola, ia bisa menciptakan sesuatu yang baru entah itu key passes atau mencetak gol lewat tembakan long shot.

Posisi ini berbeda dengan Advance Playmaker yang biasanya bermain lebih di tengah dan ikut terlibat saat tim sedang melakukan transisi ke mode bertahan.

Dengan kemampuan yang lebih komplet, tak heran jika para peraih Ballon D’or era 80 hingga awal 2000-an lebih sering dimenangkan pada posisi trequartista lantaran peran krusialnya di lapangan.

Nama-nama seperti Kaka, Ronaldinho, Zinedine Zidane hingga Ruud Gullit merupakan beberapa bintang yang sukses bersinar dan raih Bola Emas sebagai trequartista.

Vitalnya peran ini juga tak lepas dari taktik tradisional yang banyak dipakai klub Liga Italia, di mana skema 4-2-3-1 sedang jadi trend center kala itu.