Liga Italia

Susul AC Milan, Inter Milan Juga Segera Rampungkan Proses Stadion Baru

Jumat, 13 Oktober 2023 14:40 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Marco Luzzani - Inter/Inter via Getty Images
Menyusul AC Milan, rival sekota Inter Milan juga diketahui segera merampungkan proses pembangunan stadion baru yang ditarget bisa ditempati pada 2028/29. Copyright: © Marco Luzzani - Inter/Inter via Getty Images
Menyusul AC Milan, rival sekota Inter Milan juga diketahui segera merampungkan proses pembangunan stadion baru yang ditarget bisa ditempati pada 2028/29.

INDOSPORT.COM – Menyusul AC Milan, rival sekota Inter Milan juga diketahui segera merampungkan proses pembangunan stadion baru yang ditarget bisa ditempati pada 2028/29.

Sebagaimana diketahui, dua klub raksasa Liga Italia (Serie A), AC Milan dan Inter Milan, sejak dulunya memang berbagi kandang di Stadion San Siro yang dimiliki pemerintah kota.

Alhasil kedua klub tersebut terpaksa menumpang dan membayar sewa tahunan. Dengan statusnya sebagai penyewa, AC Milan dan Inter Milan tidak leluasa untuk melakukan renovasi.

Permintaan renovasi pun ditolak. Alasannya Menteri Kebudayaan Italia akan menjadikan San Siro sebagai monumen bersejarah mulai 2025 sehingga tidak bisa direnovasi.

Menanggapi situasi ini, AC Milan dan Inter Milan sempat berencana untuk membangun stadion bersama dengan kapasitas 60 ribu kursi di lokasi yang sama, yang akan diberi nama "The Cathedral".

Hanya saja rencana itu urung dieksekusi lantaran tersendat banyak kendala, hingga akhirnya Inter Milan dan AC Milan memutuskan berpisah stadion.

Dilansir dari Football Italia, pemerintah Milan melalui Walikota Giovanni Ferreti sempat berusaha menahan kedua tim untuk tidak meninggalkan San Siro, tetapi ditolak.

AC Milan diketahui memilih Stadion di San Donato sebagai markas baru, dan diproyeksikan pembangunan akan selesai pada 2028/29, bertepatan dengan peringatan 130 tahun berdirinya klub.

Sementara dari informasi terbaru, Inter Milan juga akan membangun stadion baru di distrik Rozzano, dan sudah disetujui oleh Walikota Giovanni Ferreti.

Laporan dari Il Sole 24 Ore mengatakan Inter Milan telah menerima izin awal dari Pemerintah Kota Rozzano dan izin resmi sudah diterbitkan.