Liga Italia

Blunder Besar AC Milan saat Lepas Gratis Andrea Pirlo ke Juventus

Senin, 16 Oktober 2023 19:37 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© 90min.com/Soccrates Images/Getty Images
Mantan Pelatih Juventus, Andrea Pirlo Copyright: © 90min.com/Soccrates Images/Getty Images
Mantan Pelatih Juventus, Andrea Pirlo

INDOSPORT.COM – Salah satu penyesalan terbesar yang pernah dilakukan AC Milan mungkin melepas Andrea Pirlo ke rival mereka di Liga Italia, Juventus secara gratis musim 2010/11 lalu.

Andrea Pirlo merupakan salah satu pemain vital AC Milan yang turut membantu Rossoneri rajai panggung Eropa dan Liga Italia pada era 2000-an.

Diboyong dengan mahar 17,04 juta euro dari Inter Milan tahun 2001 silam, kehadiran Pirlo berhasil membuat lini tengah AC Milan lebih berwarna.

Terbukti, AC Milan langsung memenangkan gelar Coppa Italia dan UEFA Champions League di musim 2002/03 atau setahun setelah kedatangan Pirlo.

Padahal dalam tiga musim sebelumnya, AC Milan tak mampu memenangkan satu gelarpun di semua ajang yang mereka ikuti.

Total selama 10 tahun memperkuat AC Milan, peran Pirlo di lini tengah berhasil membantu klub menjuarai masing-masing dua scudetto, Liga Champions dan UEFA Super Cup.

Serta satu Coppa Italia dan FIFA Club World Cup. Torehan tersebut membuat AC Milan jadi salah satu tim paling ditakuti di Eropa.

Namun sayang, setelah 10 tahun masa pengabdiannya di San Siro, karier Andrea Pirlo harus berakhir dengan kurang baik yakni didepak manajemen secara gratis.

Kontrak sang gelandang tak diperpanjang manajemen, pasalnya dengan usia yang sudah menginjak 32 tahun, ia dianggap tak bisa lagi berikan kontribusi.

“Saya memiliki hubungan yang baik dengan Milan. Namun dalam hidup, Anda membuat pilihan dan setelah sepuluh tahun saya menginginkan motivasi baru,” ucap Pirlo dilansir dari Calciomercato.

“Saya juga ingin menunjukkan kepada Milan bahwa saya bukanlah pemain yang sudah selesai, namun mampu mempengaruhi arah yang baru,” tambahnya.