Liga Italia

Stefano Pioli Ngaku Tanggung Jawab usai AC Milan Dipermalukan Udinese, Segera Mundur?

Minggu, 5 November 2023 12:00 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Daniele Mascolo
Kekalahan 0-1 AC Milan atas Udinese di lanjutan Liga Italia (Serie A) 2023/2024 pada Minggu (05/11/23) dini hari WIB membuat fans mereka murka. (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo) Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
Kekalahan 0-1 AC Milan atas Udinese di lanjutan Liga Italia (Serie A) 2023/2024 pada Minggu (05/11/23) dini hari WIB membuat fans mereka murka. (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM - Kekalahan 0-1 AC Milan atas Udinese di lanjutan Liga Italia (Serie A) 2023/2024 pada Minggu (05/11/23) dini hari WIB membuat fans mereka murka.

Menanggapi hal ini pelatih Stefano Pioli kemudian pasang badan untuk para pemain Rossoneri dan mengakui jika performa timnya di San Siro jauh dari kata ideal.

Menjamu Udinese, AC Milan tampil beda dengan formasi 4-4-2. Pioli dipaksa meninggalkan pakem 4-3-3 akibat absennya Samuel Chukwueze, Theo Hernandez, dan Christian Pulisic.

Walau demikian tuan rumah masih difavoritkan untuk menang mengingat Friulani bertamu dengan rekor buruk. Mereka belum pernah menang sekalipun musim ini dan kali terakhir meraih tiga poin di Liga Italia adalah pada Mei 2023 silam.

Akan tetapi secara mengejutkan wasit memberikan penalti pada Udinese, yang hanya punya 27,7% ball possesion sepanjang laga, di menit ke-61 pasca Festy Ebosele dijatuhkan di kotak terlarang.

Roberto Pereyra yang jadi algojo melakukan tugasnya dengan baik. AC Milan pun dipaksa menunda buka puasa kemenangan mereka yang kini sudah berlangsung di tiga giornata Liga Italia 2023/2024.

Pasca laga tifosi Merah-Hitam menghujani para pemain di lapangan dengan olok-olok. Sejumlah pemain sudah coba meredakan amarah mereka namun Pioli masih merasa jika ia adalah penanggung jawab kekalahan ini.

"Kami tidak berencana untuk bermain seburuk ini. Semakin kami menyerang, semakin jelek justru kami tampil. Sebelumnya saat kami meraih hasil mengecewakan setidaknya permainan bagus masih bisa ditampilkan," beber Stefano Pioli.

"Sudah sepantasnya kami khawatir. Udinese tidak mebiarkan taktik kami berjalan," tambahnya.

"Harus ada perbaikan. Fans tidak salah karena sudah mengeluarkan rasa kesal mereka terutama pada saya," pungkas allenatore 58 tahun itu kemudian.