x

Sampai Ratusan Gol, Berikut 7 Kemenangan Terbesar Dalam Satu Pertandingan Sepakbola

Selasa, 20 Maret 2018 18:01 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Yohanes Ishak
Adema 149-0 tanpa balas.

Sepakbola rasanya sudah bisa dibilang sebagai olahraga paling populer seantro dunia. Kepopulerannya tidak bisa disaingi olahraga lain seperti basket yang populer di Amerika Serikat, bulutangkis yang populer di Indonesia dan Asia Timur, juga Rugby yang juga hanya populer di Inggris dan Amerika.

Namun tidak seperti beberapa olahraga tersebut, meski populer sepakbola sering kali dianggap membosankan karena jumlah gol yang sedikit tercipta dalam setiap pertandingannya. Jauh dibandingkan basket yang bahkan bisa mencapai ratusan tiap pertandingannya.

Namun tak selamanya jumlah gol yang sedikit terus terjadi dalam setiap pertandingan sepakbola, meski jarang beberapa kali terjadi pesta gol dalam satu pertandingan. Beberapa kali terjadi satu tim bisa memenangkan pertandingan dengan mencetak belasan bahkan puluhan go ke jala gawang lawannya.

Seperti yang terjadi pada beberapa pertandingan berikut yang INDOSPORT rangkum.

Baca Juga

1. 1. Preston North End 26-0 Hyde United 1887

Preston kala menghadapi Manchester United.

15 oktober 1887, Preston North End menghadapi lawannya Hyde United dalam lanjutan Piala FA.

Tampil di kandang sendiri secara mengejutkan Preston berhasil melumat lawannya dengan 26 gol tanpa balas.

Catatan tersebut sampai saat ini masih menjadi margin kemenangan terbesar yang terjadi di Piala FA. Selain itu dua catata rekor juga di pegang Preston usai laga itu. Yaitu Kemenagan kandang terbesar dan kemenangan dengan agregat terbesar.

Namun sayangnya, Preston yang melaju sampai final, harus mengakui keunggulan West Bromwich Albion dengan skor 2-1 di laga puncak yang membuat mereka gagal menyabet trofi kejuaraan tertua di dunia tersebut.


2. 2. Villarreal 27-0 Navata 2009

Robert Pires

Kualitas Villareal sebagai tim di Liga Spanyol sampai saat ini memang belum bisa di bilang sebagai tim papan atas, sekalipun juga tidak bisa dibilang tim yang buruk juga.

Namun klub yang berjuluk kapal selam kuning tersebut pernah mencatatkan sebuah rekor yang cukup mencengangkan.

Pada msuim panas 2009, Villareal yang baru saja ditingal pelatihnya Manuel Pellegrini yang hijrah ke Real Madrid mengelar pertandingan persahabatn dengan klub kasta kedua Liga Spanyol, Navata.

masih diperkuat gelandang legendaris Prancis Robert Pires saat itu, kapal selam kuning berhasil memborbardir gawang Navata dengan gelontoran 27 gol tanpa balas.


3. 3.Tahiti 30-0 Cook Islands 1971

Timnas sepakbola Tahiti

Perkembangan sepakbola di Oceania bisa dibilang menjadi salah satu yang paling timpang dibanding belahan dunia lainnya.

Saat ini praktis hanya Selandia Baru yang memiliki kekuatan sebanding dengan negara-negara lain di dunia. Tidak heran jika gelontoran banyak gol sering terjadi dalam pertandingan di daerah ujung barat bumi ini.

Namun untuk urusan menang dengan banyak gol, bukan monopoli Selandia Baru semata. Tahiti juga pernah melakukannya kala menghadapi Cook Island pada perhelatan ajang olahraga anatara negara-negara kepulauan fasifik selatan tahun 1971.
Saat itu Tahiti berhasil menang dengan skor telak 30-0. Sebuah skor yang tidak lajim ditemukan di olahraga sepakbola.


4. 4. Australia 31-0 American Samoa 2001

Archie Thompson kala menghadapi Samoa Amerika

Sebelum bergabung dalam Federasi Sepakbola Asia (AFC), Australia pernah begitu digdaya dalam sepakbola Oceania.
Kemenangan besar hampir selalu bisa mereka raih dengan mudah. Namun yang tertinggi pernah terjadi pada tahun 2001.

Dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia itu, The Socceroos berhasil mencetak 31 gol ke gawang Samoa Amerika, tanpa satupun kemasukan.

Buat pemain Australia, Archie Thompson dalam pertandingan tersebut dirinya berhasil menorehkan 13 gol yang sekaligus rekor dunia bagi seorang pemain dalam satu pertandingan.


5. 5. Dundee Harp 35-0 Aberdeen Rovers 1885

Dundee Harp.

Skor yang lebih besar pernah terjadi di pesepakbolaan Skotlandia, satu abad silam.

Palakunya adalah Dundee Harp, klub yang saat ini sudah tidak pernah ada lagi. Pada 1885,  Dundee Harp tanpa belas kasihan mengujani gawang Aberdeen Rovers dengan gelontoran 35 gol.

Waktu itu kedua tim bertanding di Erm, Skotlandia. Saat itu, jumlah tersebut merupakan rekor dunia dengan selisih kemenangan terbesar dalam satu pertandingan.


6. 6. Arbroath 36-0 Bon Accord 1885

Skuat Tim Arbroath tahun 1885

Masih di tahun yang sama, rekor Dundee ternyata langsung bisa terpecahkan. Pelakunya juga tim yang berasal dari Skotlandia Arbroath.

Tim berwarna dasar merah maroon tersebut berhasil mengalahkan rekor Dundee denga selisih satu gollebih banyak.
Arbroath berhasil mengalahkan lawannya Bon Accord dengan skor 36-0.

Pemain Arbroath John Petrie yang kala itu berusia 18 tahun berhasil melesatkan 13 gol, yang juga merupakan rekor tertinggi di pertandingan profesional sampai saat ini.


7. 7. A.S Adema 149-0 Stade Olympique L'Emyrne 2002

Situasi pertandingan Adema.

Jika jumlah 30-an gol tersbut sudah sangat luar biasa dalam pertandingan sepakbola, itu tidak ada ada apa-apanya dengan yang pernah dilakukan tim asal Madagaskar, A.S Adema tahun 2002.

Tim yang berdiri tahun 1955 tersebut berhasil mencetak 149 gol kala menghadapi Stade Olympique L'Emyrne.

Namun nyatanya lebih dari seratus gol tersebut dicetak oleh pemain lawan mereka Stade Olympique L'Emyrne sebagai gol bunuh diri untuk memprotes keputusan wasit.

Buah tindakan tersbeut Stade Olympique L'Emyrne mendapatkan sangksi dari otoritas sepakbola setempat. namun bagaimanapun, jumlah gol yang serupa pertandingan basket itu telah tercatat sebagai rekor kemenagan terbesar dalam sejarah sepakbola profesional.

AustraliaRobert PiresPreston North EndVillarealBola Internasional

Berita Terkini