x

3 Alasan Liverpool Bisa Daratkan Youssoufa Moukoko dari Borussia Dortmund

Jumat, 11 November 2022 15:02 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Youssoufa Moukoko, pemain Borussia Dortmund yang dikaitkan dengan klub Liga Inggris, Liverpool. Foto: Max Maiwald/DeFodi Images via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, kabarnya tengah berburu pemain muda Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko.

Masih berusia 17 tahun, Youssoufa Moukoko bak telur yang baru menetas di Borussia Dortmund, usai mengawali karier sepak bolanya di sesama klub Liga Jerman, FC St. Pauli.

Berdasarkan laporan dari SportBILD yang dilansir Sportsmole, Liverpool ternyata tidak sendirian dalam perburuan bocah ajaib yang satu ini.

Adalah Manchester United yang jadi pesaing mereka mendapatkan tanda tangan calon bintang masa depan Timnas Kamerun tersebut.

Sebagai informasi, kontrak Youssoufa Moukoko di Borussia Dortmund akan berakhir pada tahun 2023 mendatang.

Baca Juga

Dengan situasi ini, ia pun bebas melakukan pembicaraan dengan klub luar negeri untuk menentukan ke mana ia akan berlabuh selanjutnya.

Meski menjadi buruan banyak klub papan atas termasuk Liverpool dan Manchester United, agaknya sang pemain tidak ingin buru-buru angkat kaki dari Borussia Dortmund.

Baca Juga

Bagaimanapun juga, ia masih sangat muda dengan jalan karier yang masih panjang di raksasa Liga Jerman tersebut.

“Saya sudah di sini selama tujuh tahun. Saya mendapat kepercayaan dari Edin [Terzic] dan sudah tahu betul lingkungannya,

“Saya benar-benar merasa seperti di rumah saat berada di sini,” ujarnya.

Baca Juga

1. Youssoufa Moukoko Bisa Merapat ke Liverpool

Youssoufa Moukoko, pemain Borussia Dortmund yang dikaitkan dengan klub Liga Inggris, Liverpool. Foto: Max Maiwald/DeFodi Images via Getty Images.

Youssoufa Moukoko memang masih betah berseragam Die Borussen dan bermain di lingkungan serta atmosfer yang sudah sangat lama dikenalnya.

Namun tentu saja hal tersebut tidak menutup pintu bagi Liverpool untuk mendatangkannya di bursa transfer mendatang.

Berikut tiga hal yang bisa membuat raksasa Liga Inggris tersebut mendaratkan Youssoufa Moukoko, terlepas dari persaingan melawan Manchester United dan klub-klub lain yang juga meminatinya.

Kontrak

Seperti telah disebutkan sebelumnya, kontrak sang pemain akan kedaluwarsa pada Juni 2023 nanti, yang mana membuka kesempatan bagi sang pemain untuk mencari klub baru.

Borussia Dortmund sejatinya bukan tanpa upaya sama sekali untuk mempertahankan salah satu aset berharganya tersebut.

Baca Juga

Hanya saja, berdasarkan laporan SportBILD, ayah Youssoufa Moukoko sedang mengalami gesekan dengan agen sang anak.

Tidak ayal, situasi ini pun berimbas pada proses negosiasi perpanjagan kontrak di Borussia Dortmund terancam.

Baca Juga

Laporan itu menyebut ayah Youssoufa Moukoko menuduh agen putranya sebagai orang yang serakah. Di sisi lain, sejumlah agen lain juga berebut menawarkan jasanya kepada striker Timnas Jerman U-21 tersebut.

Youssoufa Moukoko sendiri memulai karier profesionalnya di Borussia Dortmund pada tahun 2020 lalu, setelah menyelesaikan ‘pendidikan’ di akademi mereka selama kurang lebih empat tahun.

Ia mendapat beberapa kali kesempatan berlatih bersama di tim utama yang pada waktu itu masih ditangani Lucien Favre.

Baca Juga
 

2. Alasan Lain

Youssoufa Moukoko, pemain Borussia Dortmund yang dikaitkan dengan klub Liga Inggris, Liverpool. Foto: Max Maiwald/DeFodi Images via Getty Images.

Setelah kepergian Lucien Favre, ia kemudian diasuh Marco Rose yang menempatkanya di belakang Erling Haaland dan Donyell Malen di pecking order.

Eksistensinya pun makin terlihat usai Erling Haaland meninggalkan Borussia Dortmund ke Manchester City, ditambah kondisi Sebastien Haller yang saat ini masih tidak sehat.

Namun jika pembicaraan terkait perpanjangan kontraknya dengan Borussia Dortmund tetap stuck, ia bisa saja hengkang ke tempat lain dengan rumput yang lebih hijau untuk berkarier.

Harga

Selain perihal kontrak, harga Youssoufa Moukoko yang juga terjangkau tidak akan membuat Liverpool sesak napas saat mendatangkannya.

Remaja berposisi striker tersebut diperkirakan bernilai 26,5 juta poundsterling atau sekitar Rp480,2 miliar - yang tentu saja cukup pocket friendly bagi klub-klub raksasa Liga Inggris.

Baca Juga

Angka sebesar itu pun terbilang cukup layak disematkan pada pemain menarik seperti Youssoufa Moukoko, dengan skill dan potensi yang luar biasa.

Dipuji Erling Haaland

Selain melihat langsung penampilan di lapangan, testimoni dari rekan-rekan sesama pemain juga bisa dipertimbangkan Liverpool untuk mendatangkan Youssoufa Moukoko.

Baca Juga

Apalagi jika testimoni tersebut keluar dari mulut Erling Haaland, yang mengenal dekat sang pemain saat berada di Borussia Dortmund dahulu.

Tidak tanggung-tanggung, striker Manchester City tersebut bahkan menyebut sebagai bakat terbesar di dunia saat ini. Bahkan, Erling Haaland juga menyebut mantan rekannya itu punya masa depan yang menjanjikan.

Jadi, apakah Liverpool bakal berhasil mendatangkan Youssoufa Moukoko? Selain Manchester United, sang pemain kabarnya juga diminati raksasa Liga Spanyol, Barcelona. 

Baca Juga

Sumber: SportBILD

Bursa TransferLiverpoolBorussia DortmundBerita TransferBerita Bursa TransferTransfer PemainYoussoufa MoukokoOne Football

Berita Terkini