Ini Rahasia Atlet Jatim yang Sukses Dominasi Tiket Balap Sepeda BMX di PON 2020

Minggu, 7 Juli 2019 13:28 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Atlet Jawa Timur beberkan rahasia apa yang membuat mereka berhasil mendominasi cabang olahraga Balap Sepeda BMX di PON 2020 Papua.

Seperti diketahui lima pembalap sepeda BMX asal Jawa Timur sukses memborog tiket menuju Pekan Olaharaga Nasional (PON) 2020 usai lolos babak kualifikasi yang digelar oleh Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) di Jakarta International BMX Track, Sabtu (06/07/19) kemarin.

Lima pembalap tersebut terbagi menjadi tiga atlet putri dan dua atlet putra. Tiga atlet putri tersebut yaitu Wiji Lestari, Ayu Triya Andriana dan Titin Nuroh. Sementara dua atlet putra yaitu Yussi Wakhidur Rizal dan Bagus Kurniawan.

"Jawa Timur sendiri persiapannya memang sudah lama sejak Februari, tapi kalau latihan ya memang baru hari Jumat dan beberapa jam saja," ujar Wiji dilansir dari media ANTARA.

Tak hanya berhasil mondominasi tiket menuju PON 2020, Jawa Timur juga berhasil menyabet juara Pra PON 2019 di sektor putri dan putri, ketika Yussi Wakhidur Rizal dan Wiji Lestari berhasil menjadi juara utama.

Menurut Wiji hal yang membuat Jawa Timur mendominasi itu tak lain tak bukan adalah karena sudah banyaknya pelatihan yang diikuti sejak Februari mulai dari Riau hingga Malaysia.

"TC sebelum PON banyak sekali, mulai dari Riau sampai Malaysia, dilanjutkan ke Thailand, Korea dan masih banyak lagi," pungkasnya.

Selain Jawa Timur, atlet lainnya yang akan turut serta di PON 2020 cabor balap sepeda BMX yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta yang masing-masing mengirimkan 4 wakil sementara Bali mengirimkan dua wakil. Jakarta, Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan hanya berhasil menyumbangkan satu atlet.