Cerita di Balik Enam Tato Mike Tyson

Selasa, 26 Mei 2020 11:17 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Baru-baru ini dunia olahraga tinju tengah digemparkan dengan kabar kembalinya Mike Tyson ke atas ring.  Bukan untuk pertarungan memperebutkan gelar, tapi melakukan pertandingan amal.

Kepastian tersebut disampaikan oleh pria 53 tahun tersebut melalui sebuah video latihan di akun Instagram pribadinya, @miketyson yang memperlihatkan kemampuan dalam melakukan serangan.

Kombinasi jab-hook-uppercut yang diperagakannya masih menakutkan, meski usianya sudah tidak muda lagi. Di akhir video tersebut, Mike Tyson mengucapkan pesan singkat tentang rencana naik ring.

"Saya kembali," ujar Mike Tyson (11/05/20).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mike Tyson (@miketyson) pada

Keputusan kontroversial Mike Tyson ini tentu mengejutkan sejumlah pihak, yang sempat ragu dirinya kembali naik ring. Bukan apa-apa, itu demi keselamatan si Leher Beton -julukannya- sendiri.

"Ya, saya tidak takut. Hidup mungkin lebih rumit daripada mati untukku," katanya.

Nampaknya kontroversi memang sudah melekat di dalam diri Mike Tyson. Salah satunya adalah ketika ia berani menatio bagian wajahnya secara permanen.

Awal Mula Tato di Wajah Mike Tyson

Tato itu baru diukir oleh Tyson pada tahun 2003, karena keinginannya untuk menempelkan sesuatu yang berbeda secara permanen di wajahnya, yang menurunya keren.

Berbicara dalam sebuah wawancara di In Depth, Tyson mengaku tato itu adalah gambar jantung, agar dapat membuatnya dikenal dengan sebutan 'The Man of Hearts'.

Seorang artis tato kemudian menyarankan Tyson untuk tidak melakukannya. Namun, alasan dibalik tinta permanen yang terukir di wajah Tyson ternyata jauh lebih kompleks.

Pada film dokumenter Tyson yang dirlis 2008 silam, ia menyebut tato itu mewakili 'status prajurit'. Bentuknya mirip dengan desain yang dimiliki anggota suku Maori, suku prajurit di Selandia Baru.

Mike Tyson juga mempunyai alasan lain membuat tato di wajahnya, yakni untuk menakut-nakuti musuh dalam sebuah pertempuran. Sehingga ia tak membutuhkan sesuatu yang lebih untuk membuatnya lebih terkesan menakutkan.

"Saya pikir [tato] itu sangat bagus. Saya hanya berpikir itu adalah tato yang keren. Saya suka tato ini, lebih dari satu juta orang memilikinya. Jadi saya melakukan hal yang baik. Ini hal yang bagus," sebut Mike Tyson.

Lima Tato Lainnya

Selain di wajah, Tyson juga memiliki tato berbentuk pemimpin China, Mao Zedong di lengan kanannya. Tato lain yang dimiliki Tyson yakni wajah Che Guevara di bagian tulang rusuknya.

Ada juga wajah sang mantan istri, Monica Tyson di tangan kirinya. Sedangkan di tangan kanan, ada tato Dre Drocher yang menjadi tato kelima.

Ada yang menyebut sebenarnya nama dari tato itu adalah 'der drachen' yang dalam bahasa Jerman diartikan sebagai The Dragon.

Tato terakhir milik Tyson terletak di bagian bahu kirinya. Tato tersebut merupakan potret dari Arthur Ashe. Ashe adalah juara tenis yang populer karena upayanya untuk tujuan sosial yakni membantu para penderita AIDS.