In-depth

Mengenal Gennady Golovkin, 'Solskjaer' dari Ranah Tinju yang Ditakuti Manny Pacquiao

Selasa, 18 Agustus 2020 20:03 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Ethan Miller/Getty Images
Gennady Golovkin, petinju yang ditakuti Manny Pacquiao. Copyright: © Ethan Miller/Getty Images
Gennady Golovkin, petinju yang ditakuti Manny Pacquiao.

INDOSPORT.COM - Gennady Gennadyevich Golovkin, pria ini adalah sosok yang ditakuti oleh petinju kebanggaan Filipina, Manny Pacquiao.

Belum lama ini, muncul kabar bahwa Pacquiao berminat meningkatkan karier politiknya dengan mencalonkan diri sebagai presiden Filipina. Untuk mewujudkannya, ia pun harus pensiun sebagai petinju.

Menurut penuturan salah seorang pelatih tinju bernama Freddi Roach, Pacquiao kemungkinan besar akan mundur dari olahraga yang membesarkan namanya tersebut setelah melakoni beberapa pertarungan lagi.

"Saya telah berdiskusi dengan Manny tentang dua pertarungan terakhir dalam kariernya. Kemudian ia akan lanjut sebagai politisi," ujar Roach beberapa waktu lalu.

Lalu siapa kira-kira calon lawan yang tepat untuk menutup karier Pacquiao? Sejumlah nama petinju kelas kakap pun bermunculan, seperti Mikey Garcia, Terence Crawford, dan bahkan Floyd Mayweather.

Meski nama-nama di atas sudah banyak makan asam garam dunia tinju, mereka tak akan membuat seorang Manny Pacquiao bergidik. Akan tetapi, cerita akan berbeda jika membahas petarung asal Kazakhstan, Gennady Golovkin.

Petinju berwajah imut tapi ganas, Gennady Golovkin, mirip sosok Solskjaer di dunia sepak bola. Di luar ring, mungkin orang-orang akan menganggapnya sebagai seorang pria biasa yang menggemaskan dan murah senyum.

Namun ketika sudah berlaga dalam ring, ia terlihat seperti monster menakutkan yang siap menghajar lawan-lawannya. Pacquiao sendiri pernah membahas Golovkin dalam salah satu wawancaranya beberapa waktu lalu.

PacMan pun mengaku enggan melawan Golovkin karena perbedaan kelas keduanya. Ia ternyata lebih memilih tetap berlaga di kelas welterwight ketimbang menantang Golovkin yang di kelas middleweight.

Jangankan melawan Golovkin, Pacquiao sepertinya akan berpikir dua kali untuk melawan siapa saja yang untuk saat ini bertarung di atas kelasnya, meski kans tersebut tak tertutup sepenuhnya.

“Jika masih 147 pon saya oke, tapi jika di atasnya, itu telalu besar buat saya. 154 pon? Tergantung sih, tapi belum ada negosiasi soal itu,” ucap Pacquiao ketika membicarakan rencana petarungan dengan Golovkin, seperti diberitakan EssentiallySports.

Selama ini Manny Pacquiao dikenal sebagai petinju yang sudah sering memenangkan banyak gelar di sejumlah kelas tinju seperti flyweight, featherweight, lightweight, dan welterweight. Sayangnya, ia belum punya nyali untuk melawan Golovkin di kelas yang lebih tinggi.

Lalu siapa sebenarnya Gennady Golovkin, petinju berwajah manis dan imut, Solskjaer-nya dunia tinju ini?

IDS Emoticon Suka
Suka
25%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
25%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
25%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%