Pemain Terbaik IBL 2016 Ini Tak Mampu Selamatkan Garuda Bandung dari Kekalahan

Minggu, 7 Januari 2018 03:33 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Abdurrahman Ranala
© Media IBL
Gary Jacobs sedang mengusai bola. Copyright: © Media IBL
Gary Jacobs sedang mengusai bola.

Garuda Bandung harus menelan kekalahan pada Indonesian Basketbaal League (IBL) Seri IV, Sabtu (06/01/18) di Britama Arena. Meski diperkuat pemain terbaik IBL musim lalu, Gary Jacobs, tim asuhan Andre Yuwadi itu tetap kalah 57-64 dari Bima Perkasa Jogja. 

Gary Jacobs memang bermain apik dengan mencetak 29 angka, diikuti rekannya, Roderick Flemings yang membuat double double 20 angka dan 22 rebound. Sayangnya, penampilan keduanya tak didukung oleh pemain lain yang secara keseluruhan dinilai bermain buruk.

"Secara tim kami bermain jelek. Kontribusi pemain lokal kurang. Kami juga tidak bermain kolektif dan hanya dua pemain asing kita yang dominan," kata pelatih Garuda, Andre Yuwadi. 

"Selain itu, Bima Perkasa sepertinya lebih siap untuk menghadapi pertandingan ini," sambungnya.

Apa yang disampaikan Andre Yuwadi memang ada benarnya. Pasalanya pada laga lawan Bima Perkasa, hanya dua pemain lokal yang menyumbang angka bagi Garuda, yakni Diftha Pratama (6 angka) dan Pandu Wiguna (2 angka).

"Terus terang saya belum padu dengan tim, secara pribadi saya juga merasa capek dalam pertandingan ini," urai Gary Jacobs yang baru tiga hari berlatih bersama tim.

Di sisi lain, pelatih Bima Perkasa Jogja, Raoul Miguel Hadinoto nyatanya sudah mengantisipasi kehadiran Gary di Garuda Bandung. Ia sadar pebasket asal Amerika Serikat itu bisa merepotkan sehingga meminta anak asuhnya untuk bermain secara aman. 

© Media IBL
Gary Jacobs mencoba memasikan bola ke dalam ring. Copyright: Media IBLGary Jacobs mencoba memasikan bola ke dalam ring.

"Kita tahu dia (Jacobs) pemain bagus. Tetapi, game plan kami berjalan baik, Gary memang bisa cetak banyak angka, tetapi kami berhasil melimit pemain lokal mereka," kata Ebos, panggilan Raoul.

"Gary pemain bagus hanya dia belum padu dengan timnya. Bila bertemu Garuda lagi kami harus lebih waspada," sambung kapten tim Bima Perkasa, Yanuar Dwi Priasmoro mengomentari kehadiran Gary Jacobs di tim Garuda Bandung.

Dalam kemenangan tersebut, dua pemain asing Garuda Bandung tampil sebagai pahlawan. Anthony McDonald mencatat double double dengan 19 angka dan 11 rebound, sedangkan Emilio Park membuat 20 angka dilengkapi dengan penampilan apik Yanuar yang menyumbangkan 10 angka.