x

Target Tinggi Bilqis Prasista Usai jadi 'Penghancur Raksasa' di Piala Uber 2022

Kamis, 12 Mei 2022 15:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Ada target tinggi yang diusung pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista, usai jadi 'penghancur raksasa' di fase grup A Piala Uber 2022.

Bilqis Prasista biasanya diturunkan sebagai tunggal ketiga Indonesia di Piala Uber 2022. Dia berhasil menang atas pemain Prancis, lalu menang lagi menghadapi wakil Jerman.

Baca Juga

Namun, saat menghadapi Jepang sebagai penentu siapa yang akan jadi juara Grup A, Bilqis justru dipasang di tunggal pertama, sehingga menghadapi Akane Yamaguchi.

Siapa sangka, Bilqis Prasista yang berada di peringkat 333 dunia, sukses menjegal Akane Yamaguchi yang notabene di peringkat satu

Sebagai runner up Grup A, Indonesia pun menghadapi China di babak perempat final Piala Uber 2022. Bilqis Prasista diturunkan sebagai tunggal kedua, vs He Bing Jiao.

Baca Juga

Pengalaman berbicara, Bilqis pun taklul dalam pertarungan tiga set, skor 21-19, 18-21, 7-21. Indonesia gagal ke semifinal.

Bilqis mengaku hanya bisa tampil baik di game pertama, sayangnya di game kedua, ia kurang sabar dan akhirnya kalah. Game ketiga pun seolah tak berpihak untuknya.

"Tadi gim pertama sudah bisa main baik, saya bisa narik-barik dia, strategi mainnya berjalan baik. Dengan cara itu saya bisa menang," ucap Bilqis usai pertandingan.

Baca Juga

"Gim kedua, saya kurang sabar, inginnya cepat-cepat mematikan. Akibatnya saya kurang akurat dan jadi banyak membuat kesalahan sendiri," lanjut Bilqis Prasista.

"Gim ketiga, kaki saya juga sudah berat. Fokus dan konsentrasi juga sudah mulai berkurang," ujar atlet 18 tahun tersebut.


1. Bilqis Prasista Ingin Dongkrak Ranking

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista. Foto: PBSI

Walau hanya sebagai pemain pelapis di sektor tunggal putri Indonesia, tapi Bilqis Prasista mendapat banyak pengalaman berharga dari turnamen Piala Uber 2022.

Sukses mengalahkan Akane Yamaguchi, Bilqis mengaku sudah dapat formula terbaik untuknya, dan tinggal menjaga konsistensi.

Baca Juga

"Yang pasti pengalaman ini untuk bahan evaluasi, bahwa saya sudah bisa bermain baik, cuma konsistensinya saja belum bisa terjaga," ungkap Bilqis Prasista ke media.

"Main tanpa beban, nikmati pertandingan, dan yakin dengan kemampuan diri sendiri, itu menjadi hal utama untuk bisa menang di setiap pertandingan," lanjut sang pemain.

Baca Juga

Selain itu, anak perempuan dari pasangan pebulutangkis Joko Supriyanto dan Zelin Resiana ini mengaku akan berlatih keras.

Bilqis berharap rankingnya yang berada di urutan 300an, bisa melonjak di sepanjang tahun 2022, dan pebulutangkis 18 tahun itu bisa main di berbagai turnamen level tinggi.

"Dari perebutan Piala Uber ini saya banyak dapat pengalaman dan pelajaran penting untuk karier saya ke depan," ucap Bilqis.

Baca Juga

"Saya harus berlatih lebih keras untuk meningkatkan kemampuan saya," ujarnya.

"Saya mau banyak bertanding di turnamen level kecil dulu untuk mendongkrak rangking saya yang ada di 300-an," pungkas Bilqis.


2. Hasil Piala Uber Indonesia vs China (0-3)

Tim bulutangkis putri Indonesia siap berjuang di Piala Uber 2022.

Komang Ayu Cahya Dewi vs Chen Yu Fei 12-21, 11-21

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Chen Qing Chen/Jia Yi Fan 19-21, 16-21

Bilqis Prasista vs He Bing Jiao 21-19, 18-21, 7-21

Piala UberAkane YamaguchiBulutangkisBerita BulutangkisBilqis Prasista

Berita Terkini