x

Absen di Kejuaraan Dunia 2022, Ganda Inggris Dukung Indonesia Terjang Kutukan Besar

Minggu, 21 Agustus 2022 22:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Lauren Smith percaya jika Indonesia bisa patahkan dominasi China sekaligus pecah telur di sektor ganda putri Kejuaraan Dunia 2022. Foto: wikipedia

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis asal Inggris, Lauren Smith, tidak bisa mengikuti ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 mendatang namun setidaknya ia masih bersemangat untuk menyaksikan.

Terutama karena ia mendukung Indonesia di nomor ganda putri untuk menang dan mempatahkan kemustahilan.

Baca Juga

Sejak lama sektor ganda putri memang bukan kekuatan Merah-Putih di kompetisi internasional terutama Kejuaraan Dunia.

Sepanjang sejarah ajang tersebut, Indonesia paling banter hanya bisa memenangkan dua perak dan perunggu tanpa sekalipun menggengam emas.

Statistik menunjukkan jika hanya ada empat negara yang pernah jadi juara di ganda putri yakni Jepang, Korea Selatan, dan Inggris.

Baca Juga

China jadi yang paling mendominasi dengan 21 podium tertinggi termasuk kala mencatatkan rekor tidak terkalahkan di 14 edisi sekaligus sejak 1997 hingga 2017.

Smith yang merupakan atlet ganda putri dan ganda campuran percaya jika di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 monopoli China bisa diganggu oleh pesaing lain.

Indonesia hanya mengirim dua pasangan yakni Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto dan keduanya bukan unggulan.

Baca Juga

Seharusnya Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga bisa ikut serta ke Jepang, namun nama pertama telah memutuskan untuk gantung raket alias pensiun beberapa waktu lalu.

"Saya yakin bakal ada perubahan (juara) tahun ini dengan adanya pasangan dari Indonesia yang brilian," sebut Lauren Smith dalam kolom komentar komentator Instagram Gill Clark yang membagikan statistik ganda putri di kejurdun.


1. Dihadang Cedera Pacar

Marcus Ellis/Lauren Smith

Lauren Smith seharusnya bisa mewakili Inggri di Kejuaraan Dunia 2022 untuk nomor ganda campuran namun sayangnya ia harus mundur.

Cedera pinggul yang diderita oleh partner sekaligus kekasihnya, Marcus Ellis, terpaksa membuat keberangkatan dara ayu 30 tahun itu ke Jepang dibatalkan.

Baca Juga

Ellis bahkan harus menjalani operasi karena hanya dengan naik ke meja bedah problemnya bisa disembuhkan.

Beruntung proses tersebut berjalan dengan lancar. Dengan bantuan dari Smith, ia bahkan sudah mengabarkan jika kondisinya mulai membaik.

Baca Juga

Cedera tersebut adalah buah dari kehendak Marcus Ellis untuk tetap membersamai Lauren Smith di ajang Commonwealth Games 2022 lalu.

Medali perak memang bisa keduanya dapatkan namun sang atlet pria justru harus membayar mahal dengan rasa sakit.

Baca Juga

Akibatnya tidak hanya Kejuaraan Dunia 2022, pasangan serasi tersebut juga harus melewatkan Japan Open yang menyusul digelar setelahnya.

Absennya Lauren Smith dan sang kekasih bisa jadi adalah berkah tersembunyi untuk ganda campuran Indonesia yang saat ini diwakilkan oleh Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Juliamarbela.


2. Fans Tak Sabar Nantikan Comeback Antonsen di Kejuaraan Dunia

Anders Antonsen

Atlet bulutangkis asal Denmark, Anders Antonsen, siap melakoni comeback di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang.

Seperti diketahui, Anders Antonsen mengalami cedera yang didapat saat berada di Indonesia. Situasi ini rupanya mengganggu performanya di lapangan.

Akibatnya, tunggal putra dunia ini harus melewatkan Indonesia Masters 2022 dan juga turnamen Super 1000 Indonesia Open 2022.

Usai dua pekan berada di Indonesia tanpa mentas di lapangan, cedera yang dialami Anders Antonsen rupanya belum juga pulih.

Akibatnya, Antonsen terpaksa melewatkan tur Asia berikutnya, yakni Malaysia Open 2022, Malaysia Masters, dan Singapore Open bulan lalu.

Baca selengkapnya: Comeback di Kejuaraan Dunia, Anders Antonsen Si Istora Boy Banjir Dukungan

IndonesiaMarcus Ellis/Lauren SmithKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini