NBA

3 Pebasket 'Mungil' yang Menggebrak Panggung NBA

Kamis, 17 November 2016 17:15 WIB
Editor: Gerry Anugrah Putra
 Copyright:

Kompetisi bola basket terbesar di dunia, NBA menjadi tempat berkumpul pebasket terbaik dari berbagai penjuru dunia. Mulai dari pebasket asal Asia, Eropa hingga Afrika semua berkompetisi di NBA.

Kompetisi ini pun terkenal dengan atlet yang bertubuh tinggi dan besar. Sebut saja Yao Ming, pebasket asal China yang berposisi sebagai center dengan tinggi badan 229 sentimeter. Ada lagi Earvin 'Magic' Johnson, seorang point guard yang bertinggi 206 sentimeter, di mana biasanya pebasket di posisi tersebut hanya bertinggi rata-rata 190-an sentimeter.

Namun, bukan berarti para atlet pendek nan kecil tidak bisa ikut serta pada kompetisi ini. Walaupun tidak banyak, para pebasket 'pendek' yang bertinggi badan di bawah 185 sentimeter kerap jadi momok menakutkan bagi para pemain yang lebih tinggi. 

Mereka yang bertubuh kecil, biasanya lebih lincah dalam men-dribbel bola serta melakukan crossover satu lawan satu saat berhadapan dengan pemain lawan. Pebasket pendek juga lihai dalam melakukan drive untuk menusuk pertahanan musuh.

Para pebasket 'pendek' pun kerap menjadi pusat perhatian penggemar serta penonton NBA. Dengan postur tubuh kecil, tidak seperti kebanyakan pebasket NBA biasanya, mereka diragukan fans untuk bisa menembus dominasi para pebasket yang bertubuh ideal.

Namun dengan skill serta torehan prestasi yang ditunjukkan oleh para pebasket 'pendek' tersebut, mereka sering dijadikan idola serta panutan untuk para pebasket bertubuh mungil, yang berkeinginan untuk menembus ketatnya persaingan di NBA.

Berikut INDOSPORT mencoba mendata tiga pebasket 'mungil' NBA yang bisa mendobrak hegemoni pebasket berbadan besar dengan skill serta prestasinya.

Penulis: Muhammad Adiyaksa

113