Tobat dari Hidup Boros, Mantan Pebasket Shaquille O’Neal Kini Jadi Raja Bisnis

Rabu, 17 Juli 2019 16:09 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Kevin Winter/Getty Images for Turner Sports
Shaquille O'Neal dalam acara NBA Awards 2019. Copyright: © Kevin Winter/Getty Images for Turner Sports
Shaquille O'Neal dalam acara NBA Awards 2019.

INDOSPORT.COM - Shaquille O’Neal mengaku banyak hal dan keputusan yang salah yang pernah ia lalui. Namun saat ini ia menyatakan sudah tobat dan mulai menata kehidupan finansialnya melalui investasi dan usaha bisnis.

O’Neal merupakan pensiunan pemain NBA yang juga merupakan investor awal Google dan Apple. Selain itu ia sekarang juga memiliki 17 gerai Auntie Anne’s, Krispy Kreme, dan beberapa restoran yang ia tangani sendiri, tempat gym, bahkan tempat pencucian mobil.

Padahal saat ia baru berusia 20 tahun dan mengantongi banyak uang dari kontraknya, Shaquille langsung menghambur-hamburkannya. Salah satunya ia langsung membeli mobil senilai 2 miliar rupiah, masing-masing untuk dirinya dan sang ayah. Namun itu jauh sebelum ia bertemu sang mentor.

“Saya pernah bertemu seorang laki-laki di suatu waktu. Ia memiliki selembar kertas dan menganggapnya itu 100 dolar, lalu ia merobeknya menjadi setengah-setengah."

"Dia bilang, 'Orang pintar menginvestasikan 50 dolar dan memakai sisanya, tetapi orang kaya yang sejahtera hanya mengambil setengah dari 50 dolar,” kata O’neal saat diwawancara The Wall Street Journal.

Shaquille O’Neal mengatakan pada mereka yang ingin mendengarkan dan belajar khususnya para kaum muda, “Uang tidak akan bertahan lama bahkan selamanya, harus menyimpannya, harus pintar mengaturnya.”

Belajar adalah bagian dari hidup yang tak akan pernah berkesudahan. Begitu penggalan kalimat yang selalu dipercaya dan diterapkan oleh penyabet NBA MVP pada tahun 2000, MVP NBA Final pada tahun 2000, 2001, 2002 dan penghargaan NBA maupun di luar NBA lainnya ini.

Penulis: Israelly Rex Kawengian