Getol Kampanye Black Lives Matter, NBA Bikin Coretan di Lapangan Disney?

Rabu, 1 Juli 2020 12:24 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© The Fine Line
NBA berupaya mengambil langkah lanjutan dalam upaya mendukung gerakan anti rasialisme Black Lives Matter dengan membuat sejumlah lukisan di sisi lapangan. Copyright: © The Fine Line
NBA berupaya mengambil langkah lanjutan dalam upaya mendukung gerakan anti rasialisme Black Lives Matter dengan membuat sejumlah lukisan di sisi lapangan.

INDOSPORT.COM – NBA berupaya mengambil langkah lanjutan dalam upaya mendukung gerakan anti rasialisme Black Lives Matter dengan memasang sejumlah lukisan di sisi lapangan.

Kompetisi bola basket terakbar di dunia, NBA, akan dimulai kembali pada akhir Juli nanti, setelah sebelumnya terhenti selama beberapa bulan akibat pandemi virus corona yang bahkan menjangkiti sejumlah pemain.

Setelah menyusun sejumlah skenario, NBA musim ini akhirnya diputuskan untuk dilanjutkan secara terpusat di Disney World yang terletak Orlando, Florida. Namun, hanya 22 klub yang bisa tampil di Orlando, yang terdiri dari tim-tim yang sudah lolos ke playoff dan beberapa tim lain yang masih berpeluang.

Kompetisi akan dilanjutkan dengan menyelesaikan musim reguler untuk menentukan beberapa tempat di babak playoff yang masih tersisa, kemudian dilanjutkan dengan babak playoff itu sendiri.

Untuk mengurangi kepadatan pertandingan, kompetisi di Orlando akan digelar di 3 lapangan sekaligus di kompleks olahraga milik Disney itu.

Namun perubahan yang terjadi dalam lanjutan NBA musim ini rupanya bukan hanya itu. Maraknya gerakan anti rasialisme melalui kampanye Black Lives Matter yang diawali kasus tewasnya George Floyd oleh polisi AS pun menjadi perhatian manajemen liga.

Dilansir CBS Sports, manajemen NBA memutuskan untuk melukisi dua sisi dari ketiga lapangan yang mereka gunakan di Disney World dengan slogan Black Lives Matter. Langkah ini diambil untuk menunjukkan dukungan yang diberikan oleh manajemen liga terhadap gerakan tersebut.

Dengan adanya tulisan di sisi lapangan, maka manajemen liga berharap publik menyadari bahwa dukungan terhadap Black Lives Matter tidak hanya datang dari pemain, tapi juga dari organisasi NBA itu sendiri.

Sebelumnya, NBA juga telah mengizinkan para pemain yang akan tampil di Disney World di Orlando untuk menuliskan dukungan khusus di bagian belakang jersey yang mereka kenakan.

Para pemain diizinkan menuliskan slogan-slogan terkait gerakan Black Lives Matter, maupun menuliskan nama-nama korban tindakan rasialisme yang pernah terjadi.

Langkah ini dikabarkan juga akan diikuti oleh WNBA yang akan melanjutkan gelaran kompetisi musim ini di IMG Academy yang juga terletak di Florida.