Apa Kabar Chauncey Billups? Mr. Big Shot dan Legenda Nomor 1 Pistons

Minggu, 26 Juli 2020 07:05 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Jim Rogash/Getty Images
Chauncey Billups saat masih membela Detroit Pistons. Copyright: © Jim Rogash/Getty Images
Chauncey Billups saat masih membela Detroit Pistons.

INDOSPORT.COM - Chauncey Ray Billups merupakan legenda nomor 1 milik Detroit Pistons yang memiliki julukan 'Mr. Big Shot'. Bagaimana kabarnya saat ini?

Chauncey Billups memulai karier di NBA bersama Boston Celtics. Pemain yang lahir pada 25 September 1976 ini masuk ke NBA saat menjadi pilihan ketiga secara keseluruhan oleh Celtics pada draft tahun 1997.

Meski demikian, Billups hanya setahun di Boston Celtics dan ia bergonta-ganti tim. Setelah di Celtics, Billups sempat bermain bersama Toronto Raptors, Denver Nuggets, dan Minnesota Timberwolves.

Pada akhirnya pria yang saat ini berusia 43 tahun bergabung ke Detroit Pistons di tahun 2002. Bersama Pistons, Billups berada di masa jayanya.

Puncaknya, Billups berhasil mengantarkan Pistons meraih juara NBA pada 2004. Saat itu, Billups memimpin Pistons mengalahkan LA Lakers yang diperkuat Kobe Bryant dan Shaquille O'Neal dengan skor 4-1.

Berhasil mengantarkan Pistons menjadi juara, Billups yang tampil apik pun diganjar dengan MVP Finals. Berkat jasa besarnya, nomor 1 yang dipakai Billups juga dipensiunkan Pistons.

Billups sendiri sempat berpetualang lagi di NBA dengan bermain bersama Denver Nuggets, New York Knicks, dan LA Clippers. Namun, ia kembali lagi ke Pistons dan mengakhiri kariernya profesionalnya di sana.

Sementara itu, Billups juga punya prestasi individu lainnya seperti bermain lima kali dalam NBA All-Star. Ia juga pernah dinobatkan menjadi NBA Sportsmanship Award.

Selama puncak kariernya, Billups merupakan pemain penting di Pistons dan sering kali menjadi penentu kemenangan tim berkat tembakan pentingnya di akhir laga. Oleh sebab itu, ia dijuluki Mr. Big Shoot.