Pemain Satria Muda Pertamina Maknai Kemerdekaan dengan Berbeda

Senin, 17 Agustus 2020 18:47 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© IBL Indonesia
Penggawa Satria Muda Pertamina Jakarta, Rizal Falconi. Copyright: © IBL Indonesia
Penggawa Satria Muda Pertamina Jakarta, Rizal Falconi.

INDOSPORT.COM - Pemain Satria Muda Pertamina Jakarta, Rizal Falconi, membagikan pandangannya yang berbeda soal kemerdekaan. Menurut pemain berusia 27 tahun ini, makna kemerdekaan sudah bergeser di masa sekarang.

Ia menegaskan ingin melanjutkan perjuangan para pahlawan yang mengusahakan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 lalu. Namun ia melanjutkannya dengan bekerja dengan lebih giat.

”Kalau kebanyakan kemerdekaan itu bebas dari penjajahan dan penindasan. Namun, untuk saat ini maknanya bisa bergeser,” tutur Falconi, dikutip dari laman IBL Indonesia.

“Merdeka saat ini bisa diartikan untuk lebih giat bekerja dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi agar bisa meneruskan semangat para pendahulu dan menjunjung tinggi nilai Pancasila,” tambahnya.

Salah satu caranya sudah dilakukan Falconi sejak mandeknya turnamen olahraga dan basket karena pandemi virus corona. Sebelumnya, ia turut ambil bagian dalam kampanye Basket Indonesia Lawan Covid-19.  Saat itu, ia merelakan sepatu kesayangannya dilepas untuk dilelang demi membantu sesama.

Falconi tak sendirian, dalam gerakan tersebut, para pemain dan penggiat basket Tanah Air berbondong-bondong melelang barang seperti jerseynya untuk menggalang dana.

Saat ini, Rizal Falconi sedang mempersiapkan diri jelang laga lanjutan Indonesian Basketball League (IBL) 2020 yang berlangsung Oktober nanti. Bersama Satria Muda Pertamina Jakarta, Falconi sudah memulai latihan setelah vakum akibat pandemi virus corona.