Gagal Juara NBA, LA Clippers Berpisah dengan Doc Rivers

Selasa, 29 September 2020 14:48 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - LA Clippers telah mengumumkan penghentian kontrak pelatih kepala mereka, Doc Rivers usai hasil mengecewakan di NBA 2019-2020.

LA Clippers di NBA 2019-2020 merupakan salah satu tim terkuat di Wilayah Barat. Clippers berambisi meraih juara dengan mendatangkan Kawhi Leonard dan Paul George.

Selain duo bintang tersebut, Clippers juga punya pemain-pemain mumpuni dari bangku cadangan seperti Lou Williams dan Motrezl Harrell yang menjadi Sixth Man of The Year.

Di musim reguler, Clippers juga berada di tempat ke-2 hanya kalah dari LA Lakers. Kawhi Leonard dkk ini berhasil mencatatkan rekor kemenangan 49-23.

Sayangnya perjalanan Clippers di playoff NBA 2020 antiklimaks. Di babak playoff, Clippers berhasil menyingkirkan Dallas Mavericks di babak pertama.

Kemudian mereka lolos ke semifinal wilayah menghadapi Denver Nuggets. Melawan Nuggets, Clippers unggul agregat 3-1 lebih dulu, jadi tinggal selangkah lagi menuju ke babak final wilayah.

Petaka datang untuk Clippers setelah itu, karena Nuggets sukses membalikkan keadaan menjadi 4-3. Clippers pun terpaksa harus angkat kaki dari gelembung NBA lebih cepat.

Kegagalan tersebut berdampak dengan masa depan Doc Rivers. Dilansir dari laporan CBS Sports, Clippers dan Rivers sudah melakukan perjanjian untuk mengakiri kontrak.

Doc Rivers bahkan sudah memberikan surat terbuka melalui akun media sosial Twitter-nya. Pemilik Clippers, Steve Ballmer juga telah mengucapkan terima kasih atas komitmen dan kontribusi Doc Rivers selama ini.

Doc Rivers sendiri bertugas sebagai pelatih kepala Clippers sejak 2013 silam. Selama tujuh tahun itu, ia mencetak rekor kemenangan 356-208. Sedangkan selama karier melatihnya di NBA, Rivers berada di urutan ke-11 yang mencetak kemenangan terbanyak, yaitu 943 kali.